Zikir yang Paling Disukai Allah Taala: Subhanallah Rabbii wa Bihamdihi

Rabu, 20 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
Zikir yang Paling Disukai Allah Taala: Subhanallah Rabbii wa Bihamdihi
Ucapan yang telah dipilihkan oleh Allah SWT untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi Ilustrasi: Ist
A A A
Imam An Nawawi dalam kitab Al-Azkar menyebutkan bahwa terdapat salah satu zikir yang paling Allah sukai yang Ia pilihkan untuk para malaikat-Nya. Zikir tersebut termaktub dalam sebuah hadis di kitab Sunan Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abu Dzar ra , ia mengatakan

قلت يا رسول الله أي الكلام أحب إلى الله تعالى؟ قال: ما اصطفى الله تعالى لملائكته: سبحان ربي وبحمده سبحان ربي وبحمده

Artinya: Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, ucapan apa yang paling disukai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Ucapan yang telah dipilihkan oleh Allah SWT untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi (Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya, Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya).” (HR Tirmidzi)

Imam Tirmidzi mengatakan, predikat hadis ini hasan shahih. Al-Mubarakfury dalam Tuhfatul Ahwadzi menjelaskan bahwa Allah memilihkan kalimat tasbih tersebut untuk para malaikat-Nya sebab kalimat tersebut kalimat yang sangat disukai oleh Allah sehingga Dia menyuruh malaikat untuk selalu melafalkannya setiap waktu.

Sebab ketika bertasbih, berarti kita memuji kesuciaan-Nya sekaligus mengingkari kebalikkannya. Sehingga menurut Imam Nawawi, memperbanyak membaca kalimat tasbih setiap waktu dan keadaan sangat disunahkan.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5135 seconds (0.1#10.140)