Doa Setelah Belajar Lengkap dengan Terjemahannya

Rabu, 20 September 2023 - 18:37 WIB
loading...
Doa Setelah Belajar Lengkap dengan Terjemahannya
Doa setelah belajar biasanya sering terlupakan, padahal doa ini penting juga diamalkan agar ilmu yang kita pelajari menjadi berkah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa setelah belajar ini seringkali dilalaikan, karena biasanya doa sebelum belajar yang banyak diamalkan. Padahal, agar belajarnya lebih berkah dan mendapat ilmu manfaat, perlu membaca doa sebelum dan sesudah belajar biar lengkap dan maksimal.

Doa sesudah belajar ini bersumber dari hadis shahih riwayat Abu Dawud. Keutamaan doa ini, jika ada dosa atau kesalahan dalam majelis (pembelajaran) tersebut, Allah akan mengampuninya.

Doa sesudah belajar juga merupakan doa penutup majelis . Berikut lafaz doanya dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ


Subhaanaka Alloohumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

Artinya: Mahasuci Engkau ya Allah dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Engkau. Aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu.

Selain doa di atas, ada pula doa lain yang berisi permohonan petunjuk. Agar Allah menunjukkan yang benar dan mengikuti kebenaran tersebut. Bukankah ini adalah tujuan utama belajar? Kita mendapat ilmu, mengetahui yang benar dan mengikuti kebenaran tersebut.

Berikut doa sesudah belajar lainnya dalam tulisan Arab, tulisan latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ


Alloohumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa’ah, warinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabah)

Artinya: Ya Allah, tunjukilah kami bahwa yang benar adalah benar dan berilah kami kekuatan untuk mengikutinya. Dan tunjukilah kami bahwa yang batil adalah batil dan berilah kami kekuatan untuk menjauhinya.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)