3 Cara Meneladani Nabi Muhammad, Ketahui dan Amalkan

Kamis, 21 September 2023 - 19:59 WIB
loading...
A A A
Nabi Muhammad SAW memiliki empat sifat yang dikenal sebagai Sidiq, Amanah, Fatanah, dan Tabligh. Siddiq berarti jujur, Amanah artinya dapat dipercaya, Fathanah berarti cerdas, dan Tabligh adalah menyampaikan kebenaran.

Minimalnya, setiap muslim diusahakan untuk bisa mengamalkan salah satu sifat baik tersebut. Nantinya sifat baik lainnya akan mengikuti. Berikut ini beberapa hadits tentang sifat-sifat mulia Rasulullah yang perlu diamalkan oleh setiap muslim.

إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللّهِ صِدِّيقًا وإنّ الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وإن الرجل ليكذب حتى يكتب عند الله كذابا


“Sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu membawa kepada surga. Dan sesungguhnya seorang laki-laki terus menerus berbicara benar hingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang benar. Dan sesungguhnya kebohongan itu membawa kepada kefasikan, dan sesungguhnya kefakiran itu membawa kepada neraka. Dan sesungguhnya seorang laki-laki terus menerus berbohong hingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

لَا إِيمَانَ لِمَنْ لَا أَمَانَةَ لَهُ وَلَا دِينَ لِمَنْ لَا عَهْدَ لَهُ


“Tidak sempurna iman orang yang tidak amanah dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janji.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)