Perayaan Maulid Nabi Ajang Silaturahmi dan Inklusivitas

Kamis, 28 September 2023 - 13:54 WIB
loading...
Perayaan Maulid Nabi Ajang Silaturahmi dan Inklusivitas
Perayaan Maulid Nabi merupakan hari besar yang dinantikan bagi banyak umat Islam sebagai ajang silaturahmi dan menyampaikan kembali kisah Nabi Muhammad dan suri tauladannya. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perayaan Maulid Nabi merupakan hari besar yang dinantikan bagi banyak umat Islam. Peringatan biasanya digelar berbagai acara dan tradisi di masjid-masjid dan beberapa rumah sebagai ajang silaturahmi dan menyampaikan kembali kisah Nabi Muhammad dan suri tauladannya.

Nilai utama dari perayaan Maulid Nabi adalah mempererat silaturahmi antara satu dengan yang lain, terutama bagi saudara sesama muslim.



“Penting bagi kita supaya memahami makna dan urgensi silaturahmi itu sendiri. Kalau silaturahmi antara kita sudah tidak ada, maka itu akan menimbulkan hal-hal yang negatif seperti individualisme. Kita jadi tidak mau lagi mengetahui apa yang dialami oleh teman kita, saudara kita, ataupun tetangga kita,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Darud Dakwah wal Irsyad (PB DDI), Muh. Suaib Tahir, Kamis (28/9/2023).



Dia menjelaskan, jika rasa silaturahmi ini kuat dalam diri seseorang, maka itu bukan saja berdampak baik pada orang itu sendiri, tapi juga kepada orang lain di sekitarnya, termasuk mereka yang tidak seiman.

“Misalnya saya suka bersilaturahmi ke teman-teman. Tentu rasa sayang atau hormat saya itu juga lahir bukan saja kepada orang yang seiman, tapi juga pada sesama umat manusia. Dengan kita memperingati maulid Nabi Muhammad, kita diingatkan bahwa salah satu hal yang paling penting adalah mempererat silaturahmi antara kita dengan manusia lainnya,” papar Suaib.

Dosen Pascasarjana PTIQ Jakarta ini mengulas tentang beberapa kalangan yang menganggap bahwa perayaan Maulid itu adalah bid’ah bahkan sesat. Argumen dari kalangan yang berpikir demikian biasanya bersumber dari riwayat yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad semasa hidupnya tidak pernah melakukan perayaan Maulid.



Suaib menjelaskan bahwa sesuatu yang baik itu bisa dilakukan walaupun tidak dicontohkan secara spesifik dalam agama.

“Salah satu contohnya adalah ketika kita mencium tangan orang tua, apakah itu sesuatu yang baik atau tidak? Kita kan hanya diperintahkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, tapi kita tidak diperintahkan untuk duduk bersimpuh di depan mereka dan mencium tangannya, bahkan ada yang sampai mencium kaki orang tuanya,” tambahnya.

Menurutnya, perbuatan itu adalah hal yang baik, dan disepakati oleh semua orang. Begitu juga halnya dengan perayaan Maulid Nabi, bahwa itu merupakan sebuah penghormatan besar kepada Rasulullah SAW.

Dengan merayakannya, artinya kita menghormati, gembira, senang, bahkan berbahagia karena tiba waktu hari kelahiran Nabi Muhammad.

Salah satu bentuk penghormatan dan kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW biasanya diisi dengan bercerita tentang kisah dan suri teladan Nabi Muhammad. Bagaimana Rasulullah SAW. bersikap terhadap orang lain, baik sesama keluarganya, orang lain, tetangganya dan juga kepada non-muslim, dan lain sebagainya.

Alumni doktoral Universitas Islam Omdurman Sudan ini menyebut, perayaan Maulid Nabi Muhammad tidak hanya dilakukan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Arab dan Afrika Utara.

Perayaan ini lazim diadakan dan banyak orang sangat menanti-nanti untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad.

Di banyak negara, bahkan perayaan ini dilakukan dengan mengadakan bazar atau pasar festival yang menjual banyak kue dan camilan lokal yang hanya bisa ditemukan di hari besar Maulid Nabi Muhammad.

Tentunya, lanjut Suaib, perayaan ini tidak dimaksudkan untuk menghambur-hamburkan uang, ataupun berfoya-foya. Justru ada nilai baik dimana pada peringatan Maulid umat Islam bisa bersilaturahmi antara sesama manusia.

“Misalnya saja kita yang tinggal di kampung bisa berjumpa kembali dengan tetangga yang lama tidak berjumpa, tetapi karena sama-sama menghadiri Maulid Nabi Muhammad, kita jadi bisa bertemu dengan tetangga kita,” tutur Suaib.

Untuk itu, ia berpesan agar semua bisa mengambil hikmah dari perayaan Maulid. Seperti halnya merayakan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya untuk menunjukkan kecintaan kita terhadap tanah air, Maulid Nabi Muhammad juga dirayakan untuk menunjukkan kecintaan umat Nabi terhadapnya.

“Dalam merayakan peringatan Maulid, kita bersyukur bahwa Nabi Muhammad telah diutus untuk memberikan kita petunjuk kepada jalan serta sifat yang baik dan buruk. Semua ajaran Nabi Muhammad adalah tuntunan yang baik dan patut kita ikuti. Prinsipnya, peringatan Maulid Rasulullah SAW yang kita lakukan setiap tahunnya merupakan bentuk penghormatan dan kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad,” pungkas Suaib.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)