Doa dan Dzikir Malam Maulid Nabi

Rabu, 27 September 2023 - 17:28 WIB
loading...
Doa dan Dzikir Malam Maulid Nabi
Maulid Nabi merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal atau jatuh Kamis, 28 September 2023. Foto/ist
A A A
Doa dan dzikir malam Maulid Nabi termasuk di antara amalan yang sangat berkah karena di dalamnya terdapat pujian kepada Allah dan sholawat kepada Rasulullah ﷺ.

Maulid Nabi merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad ﷺ yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal atau jatuh Kamis, 28 September 2023. Malam ini umat Islam dapat mengamalkan doa dan dzikir malam Maulid Nabi berikut ini.

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab Ayat 56, Allah berfirman:

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu atas Nabi dan ucapkanlah salam penuh penghormatan kepadanya." (Al-Ahzab ayat 56)

Dzikir dan Sholawat Malam Maulid Nabi

أَعُوْذُ باِللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا. لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا. وَيَنْصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ. فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ. إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيّهَا الَّذِينَ اِمْنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا


(اللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ وبَارِكْ عَلَيْهِ وعَلى آلِهِ)


Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih Maha Penyayang. "Sesungguhnya kami telah membentangkan bagimu (wahai Muhammad SAW) kemenangan yang gemilang. Agar Dia Allah mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu dan yang akan datang. Dan menyempurnakan nikmat-Nya atasmu (wahai Muhammad SAW), dan Dia (Allah) memberimu petunjuk ke jalan yang lurus, dan Allah akan memberikan pertolongan padamu dengan pertolongan yang mulia."

"Sesungguhnya telah datang kepadamu utusan dari golonganmu, dan sangat berat baginya (Muhammad SAW) apa-apa yang menimpa kalian, dan sangat menjaga kalian (dari kemurkaan Allah dan neraka), dan ia sangat berlemah lembut dan berkasih sayang atas orang-orang mukmin." "Maka jika mereka ingkar maka katakanlah: cukuplah pertolongan Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, dan kepada-Nya aku berserah diri dan Dia adalah Pemilik Arsy yang agung."

"Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat atas Nabi (SAW), wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah padanya, dan berilah salam kepadanya dengan sebaik-baik salam sejahtera."

(Ya Allah, limpahkanlah Shalawat dan salam serta keberkahan padanya dan pada keluarganya)

Membaca Sholawat Ibrahimiyah
Diriwayatkan dari Abu Sa'id al-Khudri bahwa ia bertanya, "Wahai Rasulullah, adapun pemberian salam kepadamu kami telah mengetahuinya, bagaimana kami harus membaca salawat?" Nabi menjawab, ucapkanlah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ


"Allahumma shollii 'alaa Muhammadin wa 'alaa Aali Muhammadin, kamaa shallaita 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim innaka hamid majid. Allahumma barik 'ala Muhammadin wa 'ala ali Muhammadin kamaa barakta 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim innaka hamid majid." (HR Al-Bukhari, Ahmad, an-Nasa'i, Ibnu Majah, dan lainnya)

Sholawat Ummiyi
اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammadin 'abdika wanabiyyika wa Rasulika Nabil Ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wasallim.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummiyyi (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

Sholawat yang Diajarkan Habib Umar bin Hafizh
اللَّهُمَّ يَا رَبَّ سَيِّدِنَا مُحمَّدٍ وآلِ سيِّدِنا مُحمَّد، صَلِّ عَلَى سَيِّدِنا مُحمَّدٍ وعَلَى آلِ سيِّدِنا مُحمَّدٍ وصَحْبِهِ وَسَلِّمْ عَدَدَ عِلْمِكَ، وأَذهِبْ حُزْنَ قَلْبِي فِي الدُّنيَا والآخِرَة، وفَرِّجْ كُرُوبَ أمَّتِه، وحَوِّلْ أحْوَالَـهُم إلى أحْسَنِ الأحْوَالِ، يا رَحمَن

Allahumma Ya Rabbi Sayyidinaa Muhammadin wa Aali Sayyidinaa Muhammadin, Shalli 'ala Sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa Aali Sayyidinaa Muhammadin, wa Shohbihi wa Sallim 'adada 'ilmika. Wa Adzhib huzna Walbii fi ad-Dunyaa wa al-Aakhirah, wa Farrij Kuruuba Ummatihi, wa hawwil Ahwaalahum Ilaa Ahsani Ahwaalin, Ya Rohmaan.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan junjungan kami Nabi Muhammad dan Keluarga Nabi Muhammad, aku sampaikan shalawat dan salam kepada Baginda Nabi Muhammad dan para sahabatnya, sebagai ilmu-Mu (Ya Allah), Ya Allah, hilangkanlah kesedihan hatiku baik di dunia maupun akhirat, berilah jalan keluar pada musibah yang menimpa umat Nabi Muhammad, dan ubahlah ihwal kondisi umat Nabi Muhammad menjadi kondisi yang terbaik, Duhai (Allah) Yang Maha Pengasih."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)