5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 00:03 WIB
loading...
5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman
Pohon Gharqad disebut juga sebagai pohon Yahudi yang akan melindungi mereka dari kejaran umat muslim saat terjadi perang akhir zaman. Foto ilustrasi/ist.
A A A
Fakta tentang pohon Gharqad (الْغَرْقَدَ) sebagai pohon pelindung umat Yahudi di akhir zaman disebutkan dalam Hadis Nubuwah. Keberadaan pohon ini akan melindungi umat Yahudi dari kejaran umat muslim ketika terjadi perang di akhir zaman.

Pohon Gharqad sering disebut sebagai pohon Yahudi. Pemerintah Israel kini sedang giat-giatnya menanam Pohon Gharqad di seluruh dunia termasuk di Israel dan Yerusalem Palestina.

Kisah tentang pohon Gharqad ini disebutkan dalam Hadis Nubuwah yang diriwayatkan Abu Hurairah. Rasulullah ﷺ bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ فَيَقْتُلُهُمْ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِيُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوْ الشَّجَرُ يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ خَلْفِي فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ إِلَّا الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ

Artinya: "Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata: "Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia." Kecuali (pohon) Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Berikut lima fakta tentang Pohon Gharqad sebagai pohon pelindung umat Yahudi:

1. Dijuluki Pohon Yahudi
5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman

Gharqad dijuluki sebagai Pohon Yahudi karena di akhir zaman nanti, pohon inilah yang akan melindungi umat Yahudi dari kejaran kaum muslim. Ketika batu-batu dan semua pohon berbicara memberitahukan keberadaan orang Yahudi, tidak demikian dengan pohon Gharqad yang memilih diam untuk melindungi umat Yahudi. Pohon Gharqad bukan pohon kafir atau makhluk yang membangkang kepada Allah. Yang kafir hanyalah umat Yahudi yang ingkar kepada Allah. Gharqad adalah makhluk Allah yang tunduk kepada kehendak-Nya.

2. Hadis Pohon Gharqad Masuk Kurikulum Sekolah di Israel
5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman

Pohon Gharqad sangat dikenal di kalangan Yahudi Israel, khususnya kalangan nasionalis Ortodox. "Mereka memasukkan Hadis-hadis Nabi tentang Gharqad ke dalam kurikulum SMA mereka, yang kemudian diinterpretasi oleh kalangan Islam sebagai bukti bahwa orang-orang Yahudi mengakui kebenaran hadits Nabi yang menubuatkan akhir nasib orang-orang Yahudi," kata Anne Marie Oliver dan Paul F Steinberg, dua penulis buku "The Road to Martyrs Square: A Journey into the World of the Suicide Bomber", yang melakukan studi langsung ke Palestina dan Israel untuk menelusuri pohon Gharqad.

Ketika berada di Israel, mereka menanyakan pohon Gharqad itu kepada orang-orang Yahudi Israel. Saat ditanyai, orang Yahudi itu tersenyum sambil menatap serius seperti terbongkarnya sebuah rahasia. "Kami diberitahu untuk ke sana dan ke sini, untuk menemukan pohon tersebut," tutur Anne Marie Oliver.

3. Israel Sedang Menggalakkan Penanaman Pohon Gharqad
5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman

Pemerintah Israel kini menggalakkan penanaman Pohon Gharqad karena diyakini menjadi pelindung mereka di akhir zaman sebagaimana pesan Nubuwah Nabi. Pohon ini sudah mulai ditanam di hutan Yerusalem. Ada 5 lokasi utama seperti di Gunung Hermon yang telah ditanami Gharqad sekitar 900 pohon. Bahkan 5 juta pohon Gharqad akan ditanam pada Tahun 2030. Setiap Pohon Gharqad diperkirakan bisa menyembunyikan puluhan orang Yahudi.

4. Gharqad Pernah Tumbuh di Areal Pekuburan Baqi Madinah
5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman

Al-Baqi' dahulunya adalah tanah yang ditumbuhi pohon-pohon Gharqad (Lycium shawii). Ibnu al Atsir menerangkan tentang Gharqad, yaitu sejenis pohon 'idhah (pohon besar) dan pohon berduri. Bentuk tunggalnya "gharqadah". Tempat pemakaman di Madinah dijuluki juga Baqi Al-Gharqad, karena dahulu di tempat itu terdapat pohon ini, yang kemudian ditebang. Al-Ashma'i menyatakan bahwa pohon-pohon Gharqad itu ditebang pada saat Utsman bin Mazh'un radhiyallahu 'anhu dimakamkan di tempat tersebut pada 2 H atau 624 M.

5. Ciri Pohon Gharqad Memiliki Tekstur Keras dan Berduri
5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Pelindung Umat Yahudi di Akhir Zaman

Pohon Gharqad memiliki beberapa ciri dengan tektur keras dan berduri, beracun. Akar pohon Gharqad mengeluarkan bulu (zaghab) dan duri. Imam an-Nawawi pernah berkata, "Gharqad adalah sejenis pohon berduri yang dikenal di Negeri Baitul Maqdis (Palestina)..." Abu Hanifah ad-Dinawari berkata, GharqaD Sejenis pohon berduri dari spesies terung-terungan, buahnya bulat seperti batu akik telah menjadi besar.

Dalam Kitab Al-Mu'jam Al-Wasith (المعجم الوسيط) disebutkan, Gharqad adalah pohon yang tingginya antara satu sampai tiga meter. Tergolong spesies terung-terungan, batang dan dahannya berwarna putih. Mirip pohon 'ausaj dari segi daunnya yang lunak dan dahannya yang berduri. Adapun bunganya yang berleher panjang lagi berbau harum, berwarna putih kehijauan. Buahnya berbentuk kerucut dapat dimakan. Pohon ini mirip pohon cemara tetapi tidak tinggi. Pohon Gharqad adalah pohon yang mempunyai umur yang cukup panjang.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)