Kumpulan Doa Memohon Pertolongan Allah SWT Saat Terdesak Kesulitan

Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:25 WIB
loading...
Kumpulan Doa Memohon Pertolongan Allah SWT Saat Terdesak Kesulitan
Kekuatan doa mampu menembus langit dalam satu detik saja, doa juga mampu mengubah takdir buruk menjadi baik, doa mampu mengubah yang terdesak menjadi lepas dari desakan. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Ada kumpulan doa memohon pertolongan Allah saat terdesak atau dalam kesulitan yang bersumber dari Ayat Al Qur'an dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Seringkali kita mengalami kesulitan, ujian dan cobaan hidup yang bertubi-tubi. Ketika terdesak dengan kesulitan tersebut, kita diwajibkan memohon pertolongan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mengatasinya. Dengan menggunakan doa, insyaAllah beban kesulitan tersebut menjadi ringan.

Perlu diketahui bahwa kekuatan doa mampu menembus langit dalam satu detik saja. Doa mampu mengubah takdir buruk menjadi baik, doa mampu mengubah yang terdesak menjadi lepas dari desakan.

Berikut kumpulan doa yang bisa digunakan saat kita dalam keadaan terdesak, yang bersumber dari Al Qur'an dan Hadis.

1. Doa agar hajat segera terkabul

Saat megnalami desakan atau kesulitan dalam hidup, dianjurkan berdoa dengan lafaz berikut:

Laa ilaaha illalloohul haliimul kariim. Subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As aluka muujibaari rohmatika wa ‘aazaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartah walaa hamman illaa farojtah walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitah yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan Pemelihara Arsy yang Maha Agung, segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. KepadaMu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmatMu dan sesuatu yang mendatangkan ampunanMu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Jangalah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaanMu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

2. Doa ketika dalam keadaan sulit seperti yang diajarkan oleh Nabi Sulaiman AS

Gunakan doa ini ketika situasi anda benar-benar dalam kehimpitan atau kesulitan fatal.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ


rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

3. Doa yang sangat bermakna dari Nabi Muhammad ketika memohon pertolongan dari Allah

Doa sambil memuji keagungan dari Allah. Dalam surat At Taubah ayat 129 pada Al-Qur’an, tertulis bahwa Nabi Muhammad Saw memanjatkan doa meminta pertolongan berikut ini:

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم


ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-‘arsyil-‘aẓīm

Artinya: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”

4. Pengakuan dan kesadaran kesalahan dilanjutkan dengan doa

Dalam doa, katakan hanya Allah sang pelindung dan penolong. Doa ini dari surat Al Baqarah.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ


rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil ‘alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ ‘alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa’fu ‘annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn)

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

5. Meminta dan memohon kepada Allah agar dicukupkan segala urusan dunia dan akhirat

“Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu lidun-yaaya, hasbiyallahu limaa ahammanii, hasbiyallahu limam baghaa ‘alayy, hasbi-yallahu liman kaadanii bisuu’, walaa haula walaa quwwata illaa billaah.”

Artinya: “Cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) agamaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) duniaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam kesusahanku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam menghadapi orang yang berbuat aniaya kepadaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (menghadapi) orang yang melakukan tipu daya jahat kepadaku. Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

6. Salat Hajat, salah satu senjata umat muslim saat ada keinginan

Dengan salat dan sabar, insyaALlah beban pikiran menjadi ringan.

7. Jangan tinggalkan salat 5 waktu.

Karena, sesungguhnya salat adalah tiang agama dan akan jadi penolong. Sebab dalam salat adalah banyak doa yang kita lantunkan.

Artinya: "Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." Surat Al-Baqarah Ayat 45.

Demikian mengenai memohon pertolongan Allah saat terdesak. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2885 seconds (0.1#10.140)