Aksi Sumpah Pemuda Indonesia Lawan Pembantaian di Palestina

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 14:20 WIB
loading...
Aksi Sumpah Pemuda Indonesia Lawan Pembantaian di Palestina
Aksi solidaritas untuk Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Sabtu (28/10/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp..
A A A
Pembantaian oleh Zionis Israel masih berlangsung di Palestina dalam tiga pekan terakhir dan menelan lebih dari 7.000 korban jiwa. Penanganan kemanusiaan yang lamban dan kebuntuan diplomasi politik internasional akibat intervensi Amerika dan negara-negara barat menyebabkan derita Palestina bertambah dan berkepanjangan.

Bahkan Resolusi PBB untuk gencatan senjata di-veto oleh Amerika Serikat. Pemerintah Indonesia sudah menegaskan di berbagai forum Internasional dan PBB, bahwa akar masalah dari nestapa ini adalah penjajahan Zionis Israel atas Palestina, dan Perang harus dihentikan.

"Maka hari ini kita berdiri mendukung upaya Pemerintah Indonesia, sebagai anak bangsa, melaksanakan konstitusi UUD 45 untuk menuntut Kebebasan Palestina Merdeka. Selama 75 tahun rakyat Palestina telah terusir dari tanah air mereka, dihancurkan harta bendanya, dinistakan tempat-tempat sucinya, diblokade, dibunuh dan dibantai oleh penjajah Zionis Israel," kata Ketua Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM), Ustaz Bachtiar Nasir, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023.

Ustaz Bachtiar Nasir mengatakan, penjajahan sebagai akar masalah penderitaan suatu bangsa juga telah dirasakan oleh pemuda Indonesia yang berkumpul pada 28 oktober 1928 untuk menyatakan sumpah pemuda. Sumpah yang akhirnya menjadi bola salju perjuangan melawan penjajahan kala itu akhirnya berbuah kemerdekaan Indonesia.

Pada momentum peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 hari ini, bangsa Indonesia kembali merasakan semangat melawan penjajahan melihat pengorbanan dan penderitaan rakyat Palestina yang dibantai. Kejahatan Israel dan negara-negara pendukungnya hari ini, membangkitkan kembali pemuda-pemuda Indonesia untuk menancapkan sumpah perjuangan menuju terwujudnya kemerdekaan, kedaulatan, kemanusiaan dan keadilan bagi bangsa Palestina.

4 Pernyataan Sikap Pemuda Indonesia
Hari ini di depan kedubes Amerika Serikat yang merupakan pendukung utama Zionis Israel, disaksikan jutaan rakyat Indonesia dan dunia, Pemuda Indonesia menyatakan Manifesto Sumpah Pemuda Indonesia 2023 untuk Palestina. Berikut empat Manifesto pemuda Indonesia:

1. Kami Pemuda Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.
2. Kami Pemuda Indonesia memperjuangkan kedaulatan Palestina.
3. Kami Pemuda Indonesia menuntut keadilan untuk Palestina.
4. Kami Pemuda Indonesia memualiakan kemanusiaan bangsa Palestina

Demikian manifesto Sumpah Pemuda Indonesia 2023 untuk Palestina disampaikan oleh Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM).

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)