Khasiat Ayat 83 Surat Yasin untuk Hajat Segera Dikabulkan

Senin, 06 November 2023 - 13:45 WIB
loading...
Khasiat Ayat 83 Surat Yasin untuk Hajat Segera Dikabulkan
Khasiat membaca ayat 83 Surat Yasin diyakini dapat mempermudah dikabulkannya hajat dan doa yang kita inginkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Khasiat membaca ayat 83 Surat Yasin diyakini dapat mempermudah dikabulkannya hajat dan doa yang kita inginkan. Rasulullah SAW apabila ruku' maupun sujud beliau selalu membaca kalimat ini sebagai bentuk penyucian Allah dari segala sifat kekurangan dan keburukan.

Dalam beberapa riwayat disebutkan Surat Yasin adalah qalbunya (jantungnya) Al-Qur'an. Bagi yang membacanya pada malam hari (dengan mengharap keridhaan Allah), maka diampuni dosa-dosanya. (HR At Thabroni/145, 418 dan Al-Baihaqi/2360, 2361 dari Abu Hurairah, Ad-Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda: "Bacakanlah pada orang-orang yang mati di antara kalian Surat Yasin."

Lantas apa khasiat Surat Yasin ayat 83 ini? Untuk diketahui, Surat Yasin adalah surat ke-36 Al-Qur'an terdiri 83 ayat. Kandungannya meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, kisah Nabi dan perjuangan para syuhada.

Ayat 83 ini merupakan ayat penutup dari Surat Yasin. Berikut firman-Nya:

فَسُبۡحٰنَ الَّذِىۡ بِيَدِهٖ مَلَـكُوۡتُ كُلِّ شَىۡءٍ وَّاِلَيۡهِ تُرۡجَعُوۡنَ


Fasubhaanal ladzii biyadihii Malakuutu kulli syai-inwwa ilaihi turja'uun.

Artinya: "Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya kamu dikembalikan." (Surat Yasin Ayat 83)

Mengutip tafsir Ibnu Katsir, ayat ini semakna dengan Surat Al-Mulk ayat 1: "Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan." Ayat di atas merupakan ungkapan me-Mahasucikan Allah, Tuhan yang terus menerus mengatur makhluk-Nya dari semua keburukan. Di tangan-Nyalah semua kendali kekuasaan.

Dialah Yang Menciptakan dan Yang Memerintah, dan kepada-Nyalah dikembalikan semua hamba pada hari mereka dibangkitkan, lalu Dia membalas setiap orang sesuai amal perbuatannya.

Tata Cara Mengamalkan Ayat Surat Yasin untuk Mengabulkan Segala Hajat

Dijelaskan dalam kitab Mujarrabat Syekh Muhammad Adil Azizah ( Ulama Suriah) beliau menyebutkan : Ada amalan yang sangat ampuh mujarrab untuk dikabulkan semua hajat yaitu dengan wasilah Surat Yasin.

Adapun tata cara mengamalkannya:

1. Laksanakan salat Sunat Hajat 2 Raka'at di Sepertiga malam.

2. Setelah selesai salat sunnah Hajat dianjurkan membaca istigfar 100 kali

3. Membaca salawat Nabi sebanyak 100 kali

4. membaca doa salat sunnah Hajat.

Doa salat sunnah Hajat

لا إله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسألك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلا غفرته
ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين


LAA ILAAHA ILLA ALLAAHU AL-HALIIMU ALKARIIMU SUBHAANA ALLAHU RABBI AL-'ARSYI AL-ADZIIM. AL-HAMDULILLAAHI RABBI ALAALAMIIN ASALUKA MUUJIBAATI RAHMATIKA WA 'AZAAIMA MAGHFIRATIKA WAAL-GHANIIMATA MIN KULLI BIRRIN WAAS-SALAAMATA MIN KULLI ISMIN LAA TADA' LII DZANBAN ILLA GHAFARTAHU WA LAA HAMMAN ILLA FARRAJTAHU WA LAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHAN ILLA QADAITAHA YA ARHAMA AL-RAAHIMIIN.

4. Setelahnya bacalah surat Alfatihah 1 kali kepada Rasulullah, kemudian Alfatihah 1 Kali Kepada Syekh Abdul Qadir Al Jailani.

Kemudian Alfatihah 1 kali kepada Syekh Imam Abu Hasan Asy-Syadzili, dan Alfatihah 1 Kali kepada Syekh Muhammad Adil Azizah Alkayali, dan Alfatihah kepada kedua orangtua, dan Terakhir kepada seluruh kaum muslimin

5. Setelah selesai tawassul di Atas maka langsung membaca surat Yasin sebanyak 4 kali sekali duduk tanpa berhenti dan terputus-putus, ulangi Surat Yasin sebanyak 4 kali dalam sekali duduk.

6. Setelah selesai sempurna 4 Kali membaca surat Yasin maka bacalah doa berikut Ini :
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)