Palestina Tempat Berkumpulnya Manusia di Hari Kiamat, Kaum Yahudi yang Pertama

Selasa, 07 November 2023 - 08:18 WIB
loading...
Palestina Tempat Berkumpulnya Manusia di Hari Kiamat, Kaum Yahudi yang Pertama
Di sanalah manusia dikumpulkan, di Baitul Maqdis serta wilayah sekitarnya. Ilustrasi: Ist
A A A
Pada hari kiamat kelak, manusia dikumpulkan di negeri Syam , tepatnya di Baitul Maqdis Palestina dan wilayah sekiarnya. Umat yang pertama dikumpulkan di sana adalah kaum Yahudi , selanjutnya seluruh manusia.

Allah ta’ala berfirman:

هُوَ الَّذِيْٓ اَخْرَجَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِاَوَّلِ الْحَشْرِۗ

Artinya: “Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama”. ( QS al-Hasyr/59 : 2)

Para ulama seperti Imam Qurthubi, Ibnu Katsir serta Ibnu Hajar, berdalil dengan ayat ini bahwa Syam adalah negeri penghimpunan manusia. Yang pertama terjadi adalah bagi orang Yahudi yang dikumpulkan di sana, lalu yang kedua bagi seluruh manusia.



Sebagai dalil akan hal itu ialah sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Hakim bin Mu’awiyah dari ayahnya ra, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: « هَاهُنَا تُحْشَرُونَ هَاهُنَا تُحْشَرُونَ هَاهُنَا تُحْشَرُونَ ثَلَاثًا رُكْبَانًا وَمُشَاةً وَعَلَى وُجُوهِكُمْ … .ثم في الآخر الحديث قَالَ ابْنُ أَبِي بُكَيْرٍ: فَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى الشَّامِ. فَقَالَ: إِلَى هَاهُنَا تُحْشَرُونَ

Artinya: “Maka dari sini mereka dikumpulkan, beliau mengulangi sebanyak tiga kali. Dalam keadaan naik kendaraan, berjalan kaki dan menggunakan wajah-wajahnya…kemudian di akhir hadis ini. Ibnu Abi Bukair menjelaskan, “Dan Nabi mengisyaratkan dengan tangannya ke arah Syam. Kemudian Nabi berkata, “Sampai ke sanalah mereka dikumpulkan”. (HR Ahmad)



Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam "Majmu’ Fatawa" menjelaskan, dalil dari al-Qur’an dan Sunah menunjukan serta didukung oleh riwayat para nabi terdahulu. Hal ini sebagaimana bisa dirasakan dan dicerna ditambah bukti-bukti yang ada dari para ulama yang menyatakan bahwa penciptaan, dan urusan (agama) itu berawal dari Makkah sebagai umul Qura.

Makkah ini disebut pula sebagai pusat penciptaan. Dari sanalah muncul risalah Muhammad yang sinarnya menerangi seluruh penjuru dunia. Makkah adalah negeri yang Allah SWT jadikan sebagai kiblatnya umat manusia, sebagai arah ketika salat dan tempat berkumpul ketika menunaikan ibadah haji.

Allah SWT teguhkan Makkah sesusai dengan kehendak-Nya sehingga membawa kemaslahatan bagi agama, dan dunia serta umat manusia pada umumnya.

Pada awalnya, ketika pertama kali muncul Islam secara garis besar berada di sekitar wilayah Hijaz. Dan dalil-dalil yang telah kita sebutkan tadi menunjukkan, bahwa pusat kenabian itu berada di bumi Syam.

"Di sanalah manusia dikumpulkan, di Baitul Maqdis serta wilayah sekitarnya. Di sana pula tempat dikumpulkan makhluk, serta kembalinya agama Islam diakhir zaman yang akan lebih nampak jelas. Sebagaimana pada akhir zaman nanti urusan tersebut kembali ke negeri Syam,” jelasnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)