Doa Ketika Memilih Pemimpin, Yuk Amalkan agar Tidak Salah Pilih!

Rabu, 14 Februari 2024 - 08:43 WIB
loading...
Doa Ketika Memilih Pemimpin, Yuk Amalkan agar Tidak Salah Pilih!
Dalam kaitan dengan pemilihan pemimpin, doa menjadi suatu bentuk pengharapan kepada Allah agar dipilihkan pemimpin. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa memilih pemimpin ini penting diketahui, apalagi bagi Bangsa Indonesia yang sebentar lagi akan mencari dan memilih pemimpin-pemimpin bangsa yang baru.

Pemimpin adalah hal penting dalam kehidupan masyarakat, karena mereka memiliki peran yang besar dalam menentukan arah dan masa depan suatu negara atau daerah.Karena itu, menentukan pilihan terhadap pemimpin nyaris sama dengan menentukan masa depan mereka.

Dalam Islam, doa memiliki peranan yang sangat penting, doa adalah sarana untuk berkomunikasi dengan Allah dan memohon petunjuk serta perlindungan-Nya.

Dalam kaitan dengan pemilihan pemimpin, doa menjadi suatu bentuk pengharapan kepada Allah agar dipilihkan pemimpin. Salah satu doa yang dapat diucapkan dalam rangka pemilihan pemimpin adalah doa yang pernah disampaikan oleh KH A Mustofa Bisri, yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Mus, beberapa tahun lalu. Dalam doa tersebut, Gus Mus mengucapkan:

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا - بِذُنُوْبِنَا - مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ


Allahumma lâ tusallith 'alainâ—bidzunübinâ—man lâ yakhâfuKa walâ yarhamunâ...

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami—karena dosa-dosa kami—orang yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami."

Dalam doa ini, terdapat makna yang mendalam. Doa ini merupakan permohonan kepada Allah agar tidak mengangkat pemimpin yang tidak takut kepada-Nya dan tidak memiliki belas kasihan kepada rakyatnya.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)