Bacaan Doa Memohon Ampunan untuk Kaum Mukmin yang Telah Wafat

Rabu, 22 November 2023 - 23:38 WIB
loading...
Bacaan Doa Memohon Ampunan untuk Kaum Mukmin yang Telah Wafat
Berdoa memohon ampunan untuk kaum mukmin yang telah wafat sangat dianjurkan dalam Islam. Foto/ist
A A A
Bacaan doa memohon ampunan untuk kaum mukmin yang telah wafat sangat baik diamalkan umat muslim. Jika berdoa, maka mulailah untuk diri sendiri, kemudian untuk orang lain.

Islam mengajarkan bahwa umat muslim dan orang-orang beriman (mukmin) mempunyai hubungan persaudaraan, sebagaimana hubungan saudara seibu-sebapak. Mereka saling mendoakan agar diampuni Allah segala dosa-dosanya, baik yang sekarang, maupun yang terdahulu.

Doa memohon ampunan untuk kaum mukmin yang telah wafat sangat dianjurkan dalam Islam. Allah mengabarkan dalam Surat at-Taubah Ayat 100: "Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung."

Keutamaan mendoakan kaum mukmin ini disebutkan dalam Hadis bahwa: "Barang siapa yang memohonkan ampunan bagi kaum mukmin dan mukminat, maka Allah tulis baginya kebaikan sejumlah mukmin dan mukminat."

Doa Memohon Ampunan untuk Kaum Mukmin
Berikut bacaan doa memohon ampunan untuk kaum mukmin yang telah wafat yang bersumber dari Al-Qur'an. Doa ini dapat dibaca ketika sholat maupun di waktu lain.

رَبَّنَا اغۡفِرۡ لَـنَا وَلِاِخۡوَانِنَا الَّذِيۡنَ سَبَقُوۡنَا بِالۡاِيۡمَانِ وَلَا تَجۡعَلۡ فِىۡ قُلُوۡبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا رَبَّنَاۤ اِنَّكَ رَءُوۡفٌ رَّحِيۡمٌ

Rabbanagh firlanaa wa li ikhwaani nalladziina sabaquunaa bil iimaani wa laa taj'al fii quluubinaa ghillalil ladziina aamanuu Rabbannaaa innaka Ra'uufur Rahiim.

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang." (QS. Al-Hasyr Ayat 10)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)