Hamas Telah Meluluskan Puluhan Ribu Anak Palestina Hafal Al-Qur'an

Jum'at, 24 November 2023 - 05:10 WIB
loading...
Hamas Telah Meluluskan Puluhan Ribu Anak Palestina Hafal Al-Quran
Camp-camp Al-Quran yang dibuat pejuang Hamas telah meluluskan puluhan ribu anak Palestina hafal Quran dan belajar ilmu syari selama liburan musim panas. Foto/ist
A A A
Hamas yang merupakan gerakan Islam berakidah Ahlus Sunnah wal Jamaah telah meluluskan puluhan ribu anak Palestina sebagai penghafal Al-Qur'an. Anak-anak Palestina itu dibimbing dan dididik dalam halaqah-halaqah yang digelar pejuang Hamas.

Kota Gaza Palestina memang sering dijuluki sebagai kota penghafal Al-Qur'an. Gaza memiliki prinsip "1 keluarga, 1 penghafal Al-Qur'an". Inilah yang menjadi motivasi bagi warganya dan bersemangat menghafal Al-Qur'an. Pada 2019, lebih dari 700 orang diwisuda karena berhasil menyelesaikan hafalan 30 Juz.

Informasi dari Izzatur Rifdah Ismail, Anggota Departemen Penelitian dan Pengembangan Adara Relief International yang mengkaji tentang realita anak dan perempuan Palestina mengatakan, jumlah penduduk Gaza yang sudah hafal Al-Qur'an pada 2021 sekitar 50.000 orang. Sementara, 300.000 penduduknya sedang menghafalnya. Angka ini menunjukkan tingginya perhatian warga Gaza dalam menghafal Kitabullah.

Pendudukan Israel terhadap Palestina tidak menjadi halangan bagi warga dan anak-anak Palestina untuk menghafal Al-Qur'an. Anak-anak di Gaza terus berlomba-lomba menjadi hafiz. Pada 2008, pejuang Hamas Palestina sudah mewisudakan sekitar 3.500 orang Hafidz Qur'an dari kalangan anak-anak.

Jika ditotal, para pejuang Hamas sudah meluluskan puluhan ribu penghafal Al-Qur'an dari kalangan anak-anak. Selain berjihad membebaskan Palestina dari penjajahan Israel, Hamas punya misi sosial dan pendidikan agama. Mereka telah lama mencetak ulama, imam masjid dan penghafal Al-Qur'an.

Sekadar informasi, syarat menjadi pejuang Hamas yaitu harus hafal Al-Qur'an minimal 15 juz dan 40 Hadits Arbain. Selain itu, wajib membaca Al-Qur'an satu juz setiap harinya.

Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia, Ustaz Farid Nu'man Hasan mengatakan, jika ada oknum mengatakan bahwa Hamas adalah gerakan Syiah, maka itu adalah fitnah untuk melemahkan perjuangan Hamas melawan penjajahan Zionis Israel. Hamas yang didirikan oleh ulama kharismatik Syaikh Ahmad Yasin rahimahullah pada 1987 telah lama mempelajari kitab-kitab aqidah Salafiyah, yang digunakan Ahlu Sunnah wal Jamaah. Bahkan pejuang Hamas aktif menimba ilmu syar'i dan Tahfizhul Qur'an di halaqah-halaqah.

Puluhan Ribu Anak Palestina Hafal Al-Qur'an
Hamas Telah Meluluskan Puluhan Ribu Anak Palestina Hafal Al-Qur'an

Syaikh Dr Shalih Husain Al-Raqab dalam satu artikelnya menceritakan tentang perjuangan Hamas mendidik anak-anak Palestina untuk menghafal Al-Qur'an.

هناك العشرات من حلقات العلم الشرعي وخاصة في تخصص العقيدة تقام في المساجد، وفي بيوت أهل العلم الشرعي ومعظم حضورها هم أبناء حماس، وهم يدرسون فيها عدة كتب في العقيدة السلفية منها: شرح العقيدة الطحاوية بتعليقات عدد من علماء السعودية الأفاضل، ومعارج القبول، بشرح سلم الوصول إلى علم الأصول للعلامة حافظ الحكمي.

"Ada puluhan halaqah ilmu-ilmu syar'i khususnya dalam spesialisasi aqidah yang diadakan di masjid-masjid, dan di rumah-rumah para ulama, dan mayoritas yang hadir adalah anggota Hamas. Mereka mempelajari sejumlah kitab-kitab aqidah salafiyah, seperti:
- Syarh 'Aqidah Thahawiyah dengan ta'liq dari para ulama Saudi.
- Ma'arij al Qabul, dengan syarahnya Sulamul Wushul Ila 'Ilmil Ushul karya Al 'Allamah Hafizh Al Hakami.

جميع أبناء حماس بما فيهم القادة السياسيون والعسكريون يدرسون العقيدة السلفية فيما يعرف بنظام الأسرة الأسبوعية، والمنهج تمَّ إعداده من قبل أساتذة متخصصين في العقيدة وتمت مراجعته من أساتذة كبار متخصصين أيضاً في العقيدة السلفية.

"Semua anggota Hamas termasuk para pimpinan politik dan militernya, juga mempelajari Aqidah Salafiyah di pertemuan pengajian pekanan yang mereka sebut "keluarga". Tentang manhaj, mereka pelajari dari para asatidz (guru/profesor) dalam bidang aqidah dan juga merujuk kepada para asatidz senior yang spesialis dalam Aqidah Salafiyah."

لقد تخرَّج عشرات الالآف من أبناء حماس من حلقات تحفيظ القرآن الكريم وتعليم أحكام التلاوة، المتواجد وبكثرة في مساجد قطاع غزة التي دمَّر العدو الصهيوني أكثر من سبعين منها، ويوجد منهم بدون مبالغة الآلاف حفظة لكتاب الله تعالى، ومنهم من يحمل السند إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم. وقد شاهد كثير من مسلمي العالم المخيمات القرآنية التي أقامتها حركة حماس في العطلة الصيفية، وقد تخرَّج منها عشرات الألاف من الفتية والفتيات، بعد أن تلقوا فيها دروساً في الأخلاق، والعقيدة، والسيرة النبوية، والحديث الشريف..الخ

"Puluhan ribu anggota Hamas telah lulus dari halaqah Tahfizhul Qur'an dan pelajaran hukum-hukum tilawah (tajwid), yang begitu banyak ditemukan di masjid-masjid jalur Gaza yang 70-an lebih telah dihancurkan oleh Zionis. Maka tidak berlebihan jika mereka memiliki puluhan ribu anggota yang hafal Al-Quran, dan mereka ada yang memiliki sanad yang bersambung kepada Rasulullah ﷺ.

Banyak umat Islam di seluruh dunia menyaksikan camp-camp Al-Qur'an yang diadakan pejuang Hamas selama liburan musim panas. Puluhan ribu anak laki-laki dan perempuan lulus dari kamp tersebut, setelah mereka menerima pelajaran akhlak, aqidah, sirah Nabi, hadits, dan lainnya."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3190 seconds (0.1#10.140)