Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 134, Lengkap Penjelasan dan Cara Baca

Sabtu, 25 November 2023 - 14:31 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 134, Lengkap Penjelasan dan Cara Baca
Surat ali Imran ayat 134 mengandung beberapa hukum tajwid yang perlu diperhatikan saat membacanya, agar tidak salah makna dan sesuai dengan kaidah bacaan Al-Quran. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Ali Imran ayat 134 adalah salah satu ayat yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi umat Islam. Ayat ini menjelaskan tentang sifat-sifat orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang berinfak, menahan amarah, dan memaafkan kesalahan orang lain.

Ayat ini juga mengandung beberapa hukum ilmu tajwid yang perlu diperhatikan saat membacanya, agar tidak salah makna dan sesuai dengan kaidah bacaan Al-Quran. Beberapa tajwid yang ada dalam ayat ini seperti mad asli, ikhfa dan alif lam syamsiyah.

Hukum Tajwid Al Imran Ayat 134

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ


1.
الَّذِ


Hukum tajwidnya: Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).

2.
الَّذِيْنَ


Hukum tajwidnya: Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3.
يُنْفِقُوْنَ


Hukum tajwidnya: Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.

4.
يُنْفِقُوْنَ


Hukum tajwidnya: Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5.
لسَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin ).

6.
لسَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

7. َ
الضَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah dhad. Dibaca idgham (masuk ke huruf dhad ).

8. َ
الضَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

9.
وَالْكَا


Hukum tajwidnya: Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kaf. Dibaca secara jelas. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)