Surat Al-Ikhlas Doa untuk Apa? Begini Penjelasannya

Senin, 27 November 2023 - 17:13 WIB
loading...
Surat Al-Ikhlas Doa untuk Apa? Begini Penjelasannya
Surat Al Ikhlas Foto Istimewa
A A A
Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang mengandung makna keesaan Allah SWT. Surat ini terdiri dari empat ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah.

Surat ini juga disebut sebagai surat yang menyamai sepertiga Al-Quran, karena mengandung intisari ajaran Islam. Selain itu, surat ini juga banyak memiliki kandungan doa yang dianjurkan untuk diamalkan umat Islam.

Kandungan Doa dalam Surat Al-Ikhlas

Surat al ikhlas adalah salah satu surat pendek dalam Al Quran yang mengandung doa tentang keesaan Allah SWT. Surat ini menegaskan bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Esa, tempat meminta segala sesuatu, tidak beranak dan tidak diperanakkan, serta tidak ada yang setara dengan-Nya.

Doa dalam surat al ikhlas mengajarkan kita untuk mengucapkan kalimat tauhid, yaitu mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Kalimat ini merupakan dasar dari aqidah Islam dan syarat utama untuk masuk ke dalam agama Islam.

Sebagian ulama juga telah menganjurkan umat Islam untuk membaca surat Al Ikhlas ini baik dalam setiap shalat maupun untuk berzikir lantaran memiliki banyak keutamaan di antaranya, disayang oleh Allah dan menjadi jalan masuk surga.

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

حُبُّكَ إِيَّاهَا أَدْخَلَكَ الْجَنَّة


Artinya: Kecintaanmu kepada surat (Al-ikhlas) ini dapat memasukkanmu ke dalam surga.

Surat Al-Ikhlas juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Salah satu keutamaan suarat Al Ikhlas seperti mendapatkan pahala sebanyak sepertiga Al-Quran, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT hingga hari Jumat berikutnya, dan mendapatkan syafaat dari malaikat.

Rais Syuriah PBNU KH Bahauddin Nursalim dalam kajiannya tentang Surat Al Ikhlas juga pernah mengatakan, keutamaan orang yang membaca surat tersebut akan dicintai oleh Allah Ta’ala.

“Dulu ada sahabat Nabi SAW yang hampir tiap mengimami salat selalu membaca Al Ikhlas selepas baca Alkhamdu (Fatikhah). Lalu, para sahabat bertanya kepada Nabi. Kenapa si Fulan selalu baca Al Ikhlas. Nabi SAW berkata: Allah sangat menyukainya,” kata Gus Baha.

Berikut bacaan Surat Al Ikhlas:

1.
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ


2
اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ


3
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ


4
وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًااَحَدٌَ


Artinya: "Katakanlah, Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula-diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan dengan Dia".


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3474 seconds (0.1#10.140)