Inilah Asbabun Nuzul Surat Quraisy Ayat 1

Kamis, 30 November 2023 - 11:01 WIB
loading...
Inilah Asbabun Nuzul Surat Quraisy Ayat 1
Surat Al Quraisy. Foto istimewa
A A A
Asbabun nuzul Surat Quraisy ayat 1 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui sejarah tentang asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.

Surah Quraisy merupakan surat ke-106 dalam Al-Qur'an. Terdiri dari 4 ayat, namanya sendiri diambil dari lafadz Quraisy yang terdapat pada ayat pertama surat tersebut.

Masuk kategori Makkiyah, surat Quraisy berisi peringatan kepada orang-orang Quraisy, khususnya tentang nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada mereka.

Inilah sebab diturunkannya (asbabun nuzul) Surat Quraisy ayat 1 sebagaimana diterangkan Imam As-Suyuthi dalam buku “Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Alquran”.

Asbabun Nuzul Surat Quraisy Ayat 1

Bacaan Surat Quraisy Ayat 1:

لِاِيۡلٰفِ قُرَيۡشٍۙ


Latin: Li-ilaafi quraish

Artinya: “Karena kebiasaan orang-orang Quraisy”

Sebab Turunnya Ayat:

Al-Hakim dan lainnya meriwayatkan dari Ummu Hani' binti Abu Thalib bahwa Rasulullah pernah bersabda:

“Allah memberi keutamaan orang quraisy dengan tujuh perkara, yaitu aku merupakan bagian mereka, kenabian ada pada mereka, penjagaan Ka'bah ada pada mereka, yang berhak memberi minum di Masjidil Haram adalah mereka, Allah menolong mereka untuk mengalahkan pasukan gajah, mereka hanya menyembah kepada Allah selama tujuh tahun dan tidak menyembah selain-Nya, dan Allah menurunkan surat Alquran yang menuturkan mereka, sedangkan tidak ada kabilah pun yang diturunkan selain mereka. Selanjutnya, beliau (Rasulullah SAW) membaca ayat pertama "Karena kebiasaan orang-orang Quraisy."

Manfaat Surat Quraisy

Ada sejumlah khasiat yang dimiliki Surat Quraisy . Beberapa ulama salaf terdahulu sering menjadikan Surat Quraisy sebagai wirid saat hendak menyantap makanan.

Pada kitab "Kaifa Takunu Ghaniyyan" dijelaskan bahwa Habib Sa'ad Muhammad bin Alawi Al-Aydrus berkata: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Quraisy, maka akan hilang kesusahan dan rasa-wasnya. Dan barang siapa yang membacanya pada makanan, maka Allah Ta'ala akan menghilangkan mudharatnya (pada tubuh)".

Demikian ulasan mengenai asbabun nuzul Surat Quraisy ayat 1 yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)