Keutamaan dan Khasiat Surah Al-Quraisy

Senin, 21 Desember 2020 - 17:56 WIB
loading...
Keutamaan dan Khasiat Surah Al-Quraisy
Surah Al-Quraisy diambil dari lafaz Quraisy pada ayat pertama yang merupakan suku terpilih yang mendapat kehormatan menjaga Kabah. Foto/dok katabaca.com
A A A
Surah Al-Quraisy adalah surat ke-106 dalam Kitab Suci Al-Qur'an, terdiri dari 4 ayat. Nama Al-Quraisy diambil dari lafadz Quraisy yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya adalah Suku Quraisy.

Surat Makkiyah ini berisi peringatan kepada orang-orang Quraisy tentang nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka. Quraisy merupakan suku terpilih yang mendapat kehormatan menjaga Ka'bah. (Baca Juga: Jangan Tinggalkan Surah Ar-Rahman, Ini Keutamaannya)

Keutamaan Surah Quraisy
Imam Al-Baihaqi meriwayatkan tentang masalah khilafiyah dari Ummu Hani' binti Abu Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda: "Allah mengutamakan suku Quraisy dengan tujuh karakter, di antaranya yaitu bahwa Allah menurunkan surah dalam Al-Qur'an untuk mereka". Kemudian Rasulullah membaca surah ini.

Kagumlah kalian pada kebiasaan suku Quraisy, yaitu suku dari bangsa Arab yang paling agung yang berasal dari keturunan An-Nadhar bin Kinanah dan merupakan sukunya Nabi Kata "Iilaf" merupakan mashdar dari kata Alifa yaitu persembahan keramah-tamahan. Imam Hakim dan lainnya mengatakan bahwa hadis dari Ummu Hani' sebelumnya adalah untuk menjelaskan sebab turunnya surah.

Khasiat Surat Quraisy
Para ulama salaf terdahulu sering menjadikan Surah Quraisy sebagai wirid saat hendak menyantap makanan. Dalam Kitab "Kaifa Takunu Ghaniyyan" dijelaskan bahwa Al-Habib Sa'ad Muhammad Bin Alawi Al-Aydrus RA berkata: "Barang siapa yang membaca Surah Al-Quraisy, maka akan hilang kesusahan dan rasa-wasnya. Dan barang siapa yang membacanya pada makanan, maka Allah Ta'ala akan menghilangkan mudharatnya (pada tubuh)". (Baca Juga: Wirid Agar Makanan Tidak Membahayakan Tubuh)

Habib Ahmad Naufal dalam webnya menerangkan beberapa khasiat Surah Quraisy, di antaranya:
1. Barangsiapa yang membaca pada makanan yang dikhawatirkan menimbulkan mudarat terhadap badannya seperti racun, maka hal itu akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan makanan itu tidak akan membahayakan bahkan menjadikan berkat terhadap dirinya.Bila dibaca pada bahan makanan untuk orang ramai (misalnya beras untuk kenduri) Insya Allah bahan makanan itu akan membawa berkah.
2. Tulis surah ini dengan minyak zaitun, lalu dilebur dengan air hujan dan diminumkan kepada orang yang termakan racun, maka tidak akan mendatangkan bahaya sama sekali terhadap dirinya.
3. Bila ditulis pada piring, menulisnya harus dalam keadaan suci lalu dilunturkan denga air biasa, kemudian air itu diminumkan orang yang terkena bisa atau keracunan, Insya Allah sembuh. bisa atau racun itu akan menjadi tawar dengan izin Allah.
4. Bila air itu diminumkan kepada orang yang sedang kebingungan, Insya Allah dia akan sadar dan hilang bingungnya.
5. Apabila surah ini ditulis dan dileburkan dengan air lalu diminumkan kepada orang yang bingung dan pelupa, maka dia akan sembuh dari keluhannya dengan izin Allah.
6. Untuk merawat sakit buah pinggang, bacalah surah ini kemudian tiupkan kepada makanan sebelum memakannya. Insya Allah sakit buah pinggang akan beransur sembuh dengan izin-Nya.
7. Untuk menjaga supaya badan sentiasa berada dalam keadaan sehat dan segar, hendaklah istiqamah membaca Surah Quraisy.
8. Barang siapa membaca Surah Quraisy akan dihilangkan beban pikirannya, kesedihan, was-was dan dilindungi dari segala kejahatan.

Surah Al-Quraisy dan Artinya

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ . إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ . فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ . الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ

1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy
2. (Yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas
3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).
4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan. (QS. Quraisy: 1-4)

(Baca Juga: Surat Al-Kafirun, Surat yang Sangat Ditakuti Iblis)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2443 seconds (0.1#10.140)