Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat Beserta Keutamaannya

Kamis, 07 Desember 2023 - 19:08 WIB
loading...
Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat Beserta Keutamaannya
Bagi yang mengamalkan zikir dan doa ini setelah selesai sholat Jumat, Allah akan mencukupinya dan menjaganya sampai Jumat berikutnya. Foto/ist
A A A
Dzikir dan doa setelah sholat Jumat merupakan amalan yang sangat dianjurkan mengingat keutamaannya yang sangat agung. Siapa yang mengamalkan zikir dan doa ini, Allah akan mencukupinya dan menjaganya sampai Jumat berikutnya.

Dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ membicarakan mengenai hari Jumat lalu beliau bersabda: "Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dzikir dan Doa setelah Sholat Jumat
Setelah selesai sholat Jumat, umat Islam dianjurkan untuk tetap duduk dan membaca dzikir berikut. Menurut Imam Al-Ghazali dalam Bidayatul Hidayah, selepas sholat Jumat sebelum lisannya berkata apa pun, seseorang hendaknya melafalkan bacaan-bacaan berikut:

1. Surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali.
2. Surat Al-Ikhlas sebanyak tujuh kali.
3. Surat Al-Falaq sebanyak tujuh kali.
4. Surat An-Nas sebanyak sebanyak tujuh kali.

Bacaan-bacaan tersebut, kata Imam al-Ghazali, akan menjadi benteng dan memelihara seseorang dari gangguan setan, mulai dari satu Jumat ke Jumat berikutnya.

Selanjutnya membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُودُ، أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allaahumma Yaa Ghaniyyu Yaa hamiid Yaa Mubdi-u Yaa Mu'iid, Yaa Rahiimu Yaa Waduud, Aghninii bi halaalika 'an haroomika wa Thoo'atika 'an Mu'dhiyatika wa Bifadhlika 'Amman Siwaak.

Artinya: ''Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupilah diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu."

Keterangan lain yang menyebutkan keutamaan doa di atas dijelaskan dalam Kitab Bughyah Al-Mustarsyidiin I/175: "Telah datang dari Aisyah radhiyallahu 'anha ia berkata: Bersabda Rasulullah ﷺ: "Barang siapa membaca setelah shalat Jumat Qul Huwa Allaahu Ahad (Surat Al-Ikhlas), Qul A'uudzubi Robbil Falaq (Al-Falaq), Qul A'uudzubi Robbin Naas (An-Nas, masing-masing tujuh kali, Allah menjaganya dari kejelekan hingga Jumat berikutnya."

Berkata Ibnu Mas'ud: "Barangsiapa berdoa setelah membaca surat-surat diatas dengan doa Allahumma Ya Ghaniyyu Yaa hamiid, Yaa Mubdi-u Yaa mu’iid, Yaa Rahiimu Yaa Waduud, Aghninii bifadhlika 'amman siwaak, wa bi halaalika 'an haraamik, maka Allah cukupkan dirinya dan dikarunia rezeki dari hal yang tidak terduga." Berkata sahabat Anas radhiyallahu 'anhu: "Barangsiapa berdoa di hari Jumat sebanyak tujuh kali Aghninii bifadhlika 'amman siwaak, wa bi halaalika 'an haraamik, Tidak terlewati olehnya dua Jumatan hingga dia dicukupi oleh Allah Ta'ala."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)