Genosida Israel: Ratusan Ribu Warga Palestina Mengungsi, Permalukan Joe Biden

Sabtu, 16 Desember 2023 - 13:27 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 5 Alasan Mesir Menolak Pengungsi Gaza, Salah Satunya Khawatir Infiltrasi Pejuang Hamas

Yordania dan Mesir telah bergabung dengan negara-negara Arab lainnya menuntut gencatan senjata. Meskipun ketegasan Amman dan Kairo gagal menghentikan pertempuran, hal ini menimbulkan janji publik dari Biden untuk menentang pengusiran warga Palestina dari Gaza.

Seorang pejabat AS saat ini dan seorang mantan pejabat yang mengetahui pemikiran pemerintah AS mengatakan kepada MEE bahwa pemerintahan Biden berharap serangan Israel yang lebih tepat sasaran akan, antara lain, mengatasi kekhawatiran sekutu-sekutu Arabnya serta memfasilitasi lebih banyak bantuan ke Jalur Gaza dan membatasi korban sipil.

“Tidak ada tempat yang aman bagi warga sipil di Gaza saat ini,” Abbas Dahouk, mantan penasihat militer senior di Departemen Luar Negeri, yang sebelumnya menjabat sebagai atase militer di kedutaan AS di Arab Saudi.

“Apa yang pemerintah ingin lihat adalah jenis kontra-pemberontakan yang dilakukan AS pada masa-masa awal Afghanistan dengan unit-unit elit yang menargetkan Hamas dengan sedikit pengusiran warga sipil,” katanya. “Tetapi tidak jelas apakah Israel mempunyai kemampuan atau keinginan untuk mengubah taktik.”



Sejauh ini, perpaduan antara ketahanan Palestina dan peningkatan keamanan Mesir menghalangi janji pemerintahan Biden untuk menentang pemindahan paksa, kata para ahli.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2632 seconds (0.1#10.140)