4 Kelompok Jihad Palestina yang Paling Ditakuti Israel, Nomor Terakhir Tak Terduga

Senin, 18 Desember 2023 - 19:34 WIB
loading...
4 Kelompok Jihad Palestina yang Paling Ditakuti Israel, Nomor Terakhir Tak Terduga
Ada sejumlah kelompok yang sangat ditakuti Israel. Salah satunya berisikan para serdadu muda yang bisa menjadi penerus perjuangan Palestina di masa depan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada sejumlah kelompok jihad yang sangat ditakuti Israel . Salah satunya berisikan para serdadu muda yang bisa menjadi penerus perjuangan Palestina di masa depan.

Pada cakupan konfliknya dengan Palestina, Israel memang lebih sering bertempur dengan kelompok-kelompok militan. Tak hanya dari Palestina, ada juga beberapa yang berasal dari negara lain.

Melihat banyaknya musuh yang dimiliki Israel , ada beberapa di antaranya memiliki potensi ancaman paling mematikan. Siapa sajakah mereka?

Kelompok yang Paling Ditakuti Israel

1. Hamas

Hamas bisa dibilang menjadi ancaman paling nyata bagi Israel. Operasi Badai Al-Aqsa yang sempat dilakukannya beberapa waktu lalu menjadi salah satu bukti terkuatnya.

Hamas sendiri adalah sebuah organisasi politik dan militer di Palestina. Didirikan sekitar 1987, keberadaannya tak bisa dilepaskan dari sosok Sheikh Ahmed Yassin.

Melihat tujuannya, Hamas menjadikan Israel sebagai musuh utamanya. Berjuang dengan nama Palestina, mereka terus melakukan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan yang dilakukan negara Yahudi tersebut.

Mengutip Financial Times, Kamis (30/11/2023), Hamas awalnya diketahui sebagai bagian atau cabang dari Ikhwanul Muslimin. Seiring waktu, mereka mulai membangun pengaruhnya sendiri dan terus memperjuangkan kebebasan Palestina.

Terlepas dari struktur organisasinya yang masih misterius, Hamas memiliki beberapa bagian utamanya. Salah satunya adalah Brigade Al Qassam yang berstatus sayap militer.

Berkaitan dengan aksi perlawanan bersenjata, Hamas dianggap sebagai kelompok teroris teroris oleh Israel, Amerika Serikat, dan sejumlah negara Barat lainnya. Kendati terus didesak oleh pasukan Israel, mereka masih memiliki kendali besar atas Jalur Gaza.

2. Hizbullah

Hizbullah mungkin tidak berbasis di Palestina, namun mereka memiliki musuh yang sama seperti Hamas, yaitu Israel. Tak berbeda jauh, kelompok ini juga sering terlibat pertempuran dengan Israel.

Pada riwayatnya, Hizbullah didirikan sebagai bentuk tanggapan atas invasi Israel ke Lebanon. Keberadaannya sendiri tak bisa dilepaskan dari Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC).

Hizbullah sendiri memiliki riwayat panjang dalam perseteruannya dengan Israel. Kendati hanya berstatus organisasi perjuangan, mereka memiliki persenjataan yang cukup lengkap dan mengerikan.

Para pejabat Israel telah menyebut Hizbullah sebagai “tentara teror” yang lengkap. Pasca serangan mematikan Hamas beberapa waktu lalu, Tel Aviv juga memiliki ketakutan tersendiri terhadap militan Hizbullah yang bisa saja ikut menyerang melalui perbatasan dengan Lebanon.

3. Jihad Islam Palestina (PIJ)

Berikutnya ada Jihad Islam Palestina atau PIJ. Popularitasnya mungkin masih di bawah Hamas, namun kontribusi yang mereka berikan juga sangat berpengaruh.

Sebagaimana Hamas, masih banyak misteri perihal PIJ. Kelompok ini dikatakan mendapat pengaruh ideologi serta dukungan penuh dari Iran.

Beberapa kali, serdadu PIJ juga disebut bertanggung jawab atas aksi-aksi bom bunuh diri di Israel. Perkiraan mengenai kekuatan PIJ berbeda-beda.

Namun, para analis setidaknya meyakini bahwa PIJ memiliki belasan ribu prajurit bersenjata yang selalu bersedia untuk bertempur. Selain itu, mereka juga mempunyai ribuan roket serta senjata-senjata lain.

4. Lion’s Den

Lion’s Den atau Sarang Singa merupakan kelompok militan baru di Palestina. Mengutip The New Arab, kelompok ini muncul pada 2022 di kota Nablus, Tepi Barat.

Kemunculan Lion’s Den telah menimbulkan dilema bagi Israel. Pasalnya, kelompok ini terus meningkatkan perlawanannya terhadap Israel selama beberapa waktu terakhir. Selain itu, anggota kelompok ini juga terbilang masih muda. Pusat Informasi Palestina menyebutkan para pejuang ini berusia sekitar 20 hingga 30-an.

Israel bahkan sempat mengaitkan kebangkitan Lion’s Den dengan Brigade Jenin yang berafiliasi dengan PIJ. Bersama perkembangan pengaruhnya di Tepi Barat, bukan tidak mungkin nantinya Lion’s Den ini menjadi bom waktu bagi Israel sendiri.

Itulah sejumlah kelompok yang paling ditakuti oleh Israel.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)