Yahya Sinwar: Orang Mati yang Berjalan, Dalang Hamas di Gaza

Rabu, 20 Desember 2023 - 05:15 WIB
loading...
Yahya Sinwar: Orang Mati yang Berjalan, Dalang Hamas di Gaza
Yahya Sinwar. Foto NC News
A A A
Sejak tanggal 7 Oktober, ketika Operasi Badai Al-Aqsa yang dilancarkan Hamas menerobos penghalang yang dibangun Israel di sekitar Gaza , menyerbu kota-kota Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang lainnya, pemerintah Israel menargetkan satu orang: Yahya Sinwar.

Para pejabat Israel mengatakan Sinwar, pemimpin Hamas di Gaza dan anggota politbiro sejak 2013, adalah salah satu dalang di balik serangan 7 Oktober tersebut, bersama dengan Mohammed Deif, komandan sayap militer Hamas, Brigade Qassam, dan Marwan Issa, wakil Deif. .

Namun Sinwar tampaknya mempunyai target terbesar di belakangnya, karena Netanyahu dan pejabat Israel lainnya menyebutnya sebagai “orang mati yang berjalan”.



Banyak Cerita

Al Jazeera menyebut Sinwar, juga dikenal sebagai Abu Ibrahim, memiliki banyak sekali cerita seputar dirinya, sebagian besar menambah gagasan bahwa ia adalah penjahat yang hampir mistis.

Letnan Kolonel Richard Hecht, juru bicara militer Israel, menyebut Sinwar sebagai “wajah kejahatan”, sementara Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggambarkan serangan yang diduga direncanakan Sinwar sebagai “kejahatan belaka”.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memperingatkan bahwa jika Hamas tidak dikalahkan, “Eropa akan menjadi sasaran berikutnya dan tidak ada yang akan aman” dan telah melakukan upaya bersama untuk menyamakan Hamas dengan ISIS.

Pria yang digambarkan sebagai “wajah kejahatan” ini lahir pada tahun 1962 di sebuah kamp pengungsi di Khan Younis, Gaza selatan, dari sebuah keluarga yang telah diusir oleh geng Zionis selama Nakba, atau “bencana” tahun 1948. Mereka berasal dari al-Majdal, sebuah desa Palestina yang dihancurkan dan kemudian dibangun untuk menciptakan kota Ashkelon di Israel.

Sebelum berusia 20 tahun, pada tahun 1982, Sinwar pertama kali ditangkap oleh otoritas Israel karena tuduhan “kegiatan Islam”. Pada tahun 1985, dia ditangkap lagi, dan pada masa kedua di penjara inilah dia bertemu dan menjadi dekat dengan pendiri Hamas, Sheikh Ahmed Yassin.



Sinwar tertarik pada Hamas dan, pada usia 25 tahun, ia membantu mendirikan al-Majd, organisasi keamanan internal kelompok tersebut, yang membuatnya mendapatkan reputasi tanpa kompromi dalam menangani warga Palestina yang berkolaborasi dengan Israel.

Yang menambah reputasi tersebut adalah wawancara mantan petugas Shin Bet, Micha Kobi dengan Financial Times, yang menceritakan tentang Sinwar yang membual kepadanya pada akhir tahun 1980an tentang memaksa saudara laki-laki seorang informan untuk menguburkan tersangka hidup-hidup.

Pada tahun 1988, pada usia 26 tahun, Sinwar ditangkap dan didakwa merencanakan pembunuhan dua tentara Israel dan membunuh 12 warga Palestina. Dia dijatuhi empat hukuman seumur hidup.

Selama 22 tahun berikutnya di penjara, Sinwar tetap berdisiplin ketat, belajar berbicara dan membaca bahasa Ibrani dengan lancar dan menjadi pemimpin di antara para tahanan dan menjadi titik fokus negosiasi dengan staf penjara.

Penilaian pemerintah Israel selama ia berada di penjara menggambarkan Sinwar sebagai orang yang karismatik, kejam, manipulatif, puas dengan hal-hal kecil, licik dan tertutup, menurut BBC.

Ehud Yaari, rekan dari Washington Institute for Near East Policy, yang empat kali mewawancarai Sinwar di penjara, mengatakan kepada BBC bahwa Sinwar adalah seorang psikopat. “[Tetapi] mengatakan tentang Sinwar, ‘Sinwar adalah seorang psikopat, titik,’ adalah sebuah kesalahan” katanya, “karena Anda akan merindukan sosok yang aneh dan kompleks ini”.



Naik ke Atas


Pada tanggal 18 Oktober 2011, Israel menukar lebih dari 1.000 tahanan Palestina dengan Gilad Shalit, seorang tentara Israel yang diculik oleh Hamas, dan Sinwar termasuk di antara warga Palestina yang ditukar dengan Shalit.

Di luar penjara, Sinwar dengan cepat menaiki tangga di Hamas. Namanya masuk ke meja Netanyahu sebagai target pembunuhan, namun perdana menteri Israel diduga menolak rencana untuk membunuh Sinwar dalam beberapa kesempatan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3139 seconds (0.1#10.140)