Nicola Perugini: Israel Jadikan Zona Aman sebagai Teknologi Genosida

Selasa, 09 Januari 2024 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Hal serupa terjadi di Gaza, Israel menerapkan secara sepihak apa dan di mana yang “aman” bagi warga sipil Palestina. Dalam melakukan hal ini, mereka menggunakan wacana keselamatan dan teknologi hukum yang terkait – peringatan, zona aman, koridor aman, jaringan evakuasi – sebagai alat yang mematikan untuk melaksanakan pembersihan etnis di berbagai wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah aman/tidak aman.

Daerah atau bagian dari wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah aman berfungsi untuk mengkonsentrasikan populasi pengungsi dan mengelola operasi militer dan pembunuhan warga sipil dengan lebih baik. Seperti yang ditulis oleh salah satu berita utama Reuters yang mengharukan: “Israel memerintahkan warga Gaza untuk melarikan diri, mengebom ke mana pun mereka mengirimnya”.

Dengan kata lain, dengan memerintahkan evakuasi dan mengurangi populasi di sebagian besar wilayah Gaza, Israel telah memusatkan populasi yang telah dibersihkan secara etnis ke dalam zona-zona yang semakin menyusut yang menjadi sasarannya segera setelah wilayah tersebut ditetapkan sebagai “daerah aman”.



Hal ini menunjukkan niat yang jelas untuk melikuidasi warga sipil Palestina setelah mengusir mereka, dan dapat menjadi alat untuk membuat pemusnahan menjadi lebih efisien.

Di wilayah yang padat penduduk seperti Rafah dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi akibat masuknya pengungsi dari Gaza utara dan tengah, satu serangan dapat membunuh banyak orang sekaligus.

Selain memiliki tujuan militer yang jelas, penggunaan tugas kemanusiaan nekropolitik untuk memperingatkan dan menciptakan ruang aman bagi warga sipil juga merupakan bagian dari strategi hukum Israel untuk mempertahankan diri dari tuduhan melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dengan adanya permohonan genosida baru-baru ini yang diajukan oleh Republik Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional, yang menuduh Israel melakukan tindakan “yang bertujuan untuk menghancurkan sebagian besar kelompok nasional, ras dan etnis Palestina”, maka terdapat urgensi yang semakin besar untuk melakukan hal tersebut.

Israel selalu berusaha memberikan kesan legalitas atas pembersihan dan perampasan etnis yang telah berlangsung selama 75 tahun. Namun kali ini kekuatan pemusnahan genosida yang dilancarkan telah mencapai skala yang belum pernah terjadi sebelumnya – menempatkan 2,3 juta orang dalam risiko kematian – sehingga wacana hukum mengenai keselamatan tidak dapat menyamarkan pengabaian mereka terhadap status sipil penduduk di Gaza.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)