Raeda al-Masry: Kisah Heroik Melahirkan di Pengungsian

Jum'at, 19 Januari 2024 - 10:57 WIB
loading...
Raeda al-Masry: Kisah Heroik Melahirkan di Pengungsian
Raeda al-Masry. Foto/Ilustrasi: al Jazeera
A A A
Di Jabalia, Jalur Gaza , kegembiraan menyambut bayi yang baru lahir dirusak. Ya, dirusak oleh penderitaan karena harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Para ibu berjuang melahirkan ketika jet tempur Israel melesat di atas kepala mereka. Bayi-bayi itu lahir di tengah ketidakpastian mengenai masa depan mereka.

Raeda al-Masry mengenakan isdal, pakaian yang umum dipakai wanita Gaza untuk menjaga privasi mereka. Dia duduk bersila di lantai ruang kelas tempat dia berteduh, menggendong bayinya dalam posisi bersendawa, menepuk-nepuk pantatnya dengan lembut sambil berbicara dengan penuh semangat.



Raeda berasal dari Beit Hanoon dan mengungsi ke Jabalia pada masa-masa awal perang.

“Blok tempat kami berlindung dibom, dan saya ditarik keluar dari bawah reruntuhan oleh tim penyelamat, saya dan putra sulung saya, yang berusia 14 bulan,” katanya, menjelaskan bagaimana mereka bisa pindah ke sekolah tersebut kepada Al Jazeera.

“Moath lahir di sini, di ruang kelas sekitar dua bulan lalu. Ketika persalinan saya dimulai, kami memanggil ambulans atau semacamnya, tetapi tidak ada sumber daya. Tidak ada yang datang untuk membantu."

“Ya ampun, ini adalah kelahiran yang sulit. Tidak ada apa pun di sini yang dapat membantu selama persalinan. Aku bahkan tidak punya pakaian apa pun."

Meskipun Raeda berhasil sampai ke Rumah Sakit Kamal Adwan setelah Moath lahir untuk pemeriksaan keduanya, tidak ada vaksin yang tersedia. Dia tetap tidak divaksinasi.

“Mereka mengatakan kepada saya bahwa tidak ada vaksin,… tapi lihatlah di mana kita berada. Bayi itu ada di sini, di sekolah di mana berbagai macam penyakit menyebar. Saat ini, ada sesuatu yang terjadi pada dadanya. Dia kesulitan bernapas, tapi aku tidak bisa berbuat apa-apa.



“Saya juga tidak cukup makan untuk bisa merawatnya. Beberapa orang membantu saya dengan membawakan saya beberapa susu formula.

“Harapan saya untuk anak saya adalah dia hidup, dia mendapat keselamatan, dia punya makanan, bahkan popok. Saya tidak ingin dia tumbuh dalam kemiskinan.”

Raeda adalah satu dari ribuan perempuan di Gaza yang terpaksa melahirkan dan merawat bayi mereka yang baru lahir di bawah perang Israel sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober.

Perang telah menghancurkan sistem layanan kesehatan di Gaza pada saat 180 bayi lahir setiap hari, menurut angka PBB. Dari 7 Oktober hingga 5 Januari, Organisasi Kesehatan Dunia mendokumentasikan 304 serangan Israel terhadap fasilitas kesehatan di Gaza, yang juga menewaskan lebih dari 300 petugas medis.

Kekurangan tenaga medis dan bidan, ditambah dengan pengepungan Israel di Gaza, mengancam kehidupan banyak perempuan hamil dan bayi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)