Israel Gunakan Bom 1.000 Pon saat Serang Perumahan Dokter Inggris di Gaza

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:58 WIB
loading...
Israel Gunakan Bom 1.000 Pon saat Serang Perumahan Dokter Inggris di Gaza
Petugas medis merawat warga Palestina di Rumah Sakit Nasser tempat tim medis darurat MAP dan IRC bekerja sebelum serangan 18 Januari (MEE)
A A A
Pasukan Israel menggunakan bom seberat 1.000 pon ketika meluluhlantakkan kompleks perumahan para dokter Inggris yang bekerja untuk organisasi Inggris dan Amerika di Gaza selatan awal bulan ini.

Midlle Est Eye melaporkan ini adalah hasil temuan penyelidikan PBB yang dirilis pada hari Selasa, 30 Januari 2024. Penyelidik PBB mengatakan serangan pagi hari tanggal 18 Januari kemungkinan melibatkan bom MK83 yang dipandu oleh GBU32, sejenis perangkat yang mengubah bom “jatuh bebas” menjadi rudal berpemandu presisi.

Pengungkapan baru ini akan meningkatkan pengawasan terhadap penjualan senjata AS dan Inggris ke Israel karena ada kemungkinan senjata atau komponen yang dibuat di kedua negara digunakan dalam serangan itu.



Departemen Luar Negeri dan Departemen Bisnis dan Perdagangan Inggris mengatakan kepada MEE bahwa mereka akan meninjau izin ekspor senjata, namun tidak akan berkomentar secara spesifik apakah insiden tersebut berdampak pada penjualan atau transfer senjata.

Bantuan Medis untuk Palestina (MAP) Inggris dan Komite Penyelamatan Internasional (IRC) yang berbasis di AS, dipimpin oleh mantan Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband, mengutuk serangan yang melukai beberapa anggota tim dan pengawal mereka, serta merusak parah pemukiman. menggabungkan.

Mereka sekarang mencari jawaban lebih lanjut setelah pemboman tersebut memaksa penangguhan pekerjaan medis penyelamatan jiwa yang diberikan tim mereka ke Rumah Sakit Nasser, yang kehabisan makanan, obat bius dan obat penghilang rasa sakit seminggu yang lalu, dan saat ini dikepung oleh pasukan Israel.



“Kita perlu mengetahui fakta mengapa serangan udara ini terjadi dan mendapatkan jaminan bahwa serangan tersebut tidak akan terulang kembali,” kata organisasi tersebut dalam pernyataan bersama.

“Kami selanjutnya menuntut agar rekan-rekan kami di Gaza, keluarga mereka dan seluruh warga sipil serta pekerja kemanusiaan di Gaza dilindungi dari serangan lebih lanjut.”

Militer Israel memberikan jaminan kepada Inggris pada tanggal 22 Desember bahwa koordinat situs di kota Al-Mawasi telah ditandai sebagai situs kemanusiaan yang dilindungi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)