Kumpulan Artikel: Pasukan

  • Kisah Pasukan Islam Menguasai Ray: Daerah-Daerah Lain di Iran Menyerah
    Dunia Islam
    Senin, 29 April 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Haekal, kemenangan pasukan Muslimin di Ray telak sekali, dan karenanya pula kota-kota dan daerah-daerah di sekitarnya cepat-cepat mengajak damai dan membayar jizyah.
  • Pasukan Panji Hitam dari Khurasan Akan Bebaskan Palestina?
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 05:10 WIB
    Pasukan muslim kelak akan muncul dari timur sebagai kekuatan yang tak terkalahkan. Pasukan yang membawa Panji hitam ini akan membebaskan Palestina dari penindasan Israel.
  • Strategi Licik Israel! Begini Kerja Buzzer Israel Hasbara
    Dunia Islam
    Minggu, 05 November 2023 - 11:43 WIB
    Para buzzer Israel tak segan-segan berbohong dan memutar balikkan fakta. Hamas dan Palestina disebutnya teroris, begitu juga anak-anak Palestina.
  • Kisah di Balik Surat Al Fil, Kuasa Allah Menyerang Pasukan Gajah yang Hendak Hancurkan Kakbah
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:36 WIB
    Surat Al-Fil adalah salah satu surat ke- 105 dalam Al-Quran yang berisi kisah menakjubkan tentang kehancuran pasukan gajah yang hendak menghancurkan Kakbah.
  • 5 Fakta Usamah Bin Zaid, Jadi Pemimpin Perang di Usia 20 Tahun
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:30 WIB
    Usamah Bin Zaid merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang mendapat julukan Hibbu Rasulillah, yang berarti orang yang dicintai Rasulullah SAW.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Gambaran Mencekam Perang Hunain, Pasukan Muslim Nyaris Kalah
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Pertempuran antara kaum muslimin yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW melawan kaum musyrik dari suku Hawazin dan Tsaqif ini pasukan muslim nyaris kalah. Kondisi sangat mencekam.
  • Yanisari, Pasukan Elit Kesultanan Turki Utsmani yang Ditakuti Eropa
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Januari 2023 - 17:07 WIB
    Yanisari atau Yeniceri (Janissary) adalah pasukan elit yang dibentuk Kesultanan Turki Utsmani (Turki Ottoman). Infanteri elit ini merupakan tentara modern pertama di Eropa.
  • Kisah Heroik Saifuddin Al-Qutuz Hancurkan Pasukan Mongol di Ain Jalut
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Kisah heroik Saifuddin Al-Qutuz menghancurkan pasukan Mongol di Ain Jalut tercatat dalam sejarah Islam. Pasukan muslim berhasil mengalahkan pasukan Mongol yang dikenal sadis.
  • Sejarah Perang Uhud dan Pelajaran Berharga untuk Umat Muslim
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang Uhud merupakan pertempuran menyakitkan bagi pasukan muslim dan membuat Nabi Muhammad SAW menangis. Berikut penyebab kekalahan dan pelajaran berharga bagi kaum muslim.
  • Usamah bin Zaid, Panglima Perang Termuda Umat Islam, Porak-porandakan Bizantium
    Hikmah
    Jum'at, 16 September 2022 - 15:23 WIB
    Usamah bin Zaid panglima perang termuda umat Islam, memporak porandakan Bizantium pada awalnya penuh kontroversi. Tatkala Rasulullah menunjuk Usamah usianya belum lagi 20 tahun
  • Kisah Segantang Gandum dan Seekor Anak Kambing untuk Seluruh Pasukan Khandaq
    Hikmah
    Kamis, 15 September 2022 - 17:06 WIB
    Kisah segantang gandum dan seekor anak kambing betina untuk seluruh pasukan muslim dalam Perang Khandaq ini diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab Peperangan, bab: Perang Khandaq atau Ahzab.
  • Kisah Ajaib! Prajurit Khalifah Umar Tetap Hidup Meski Kepalanya Dipenggal
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:55 WIB
    Kisah prajurit Umar bin Abdul Aziz yang hidup meski meski kepalanya dipenggal sarat pelajaran berharga. Kisah ini terjadi ketika pasukannya melawan Romawi.
  • Ikrimah bin Abu Jahal, Pelopor Pasukan Berani Mati dalam Islam
    Hikmah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 22:27 WIB
    Abu Jahal (Amr bin Hisyam) dijuluki Firaun umat ini karena permusuhannya yang keras kepada Rasulullah SAW dan umat Islam. Namun, tidak demikian dengan putranya, Ikrimah.
  • Mengontruksi Ulang Tafsir Surat al-Fil, Ketika Tairan Ababil Jadi Semacam Virus
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 19:29 WIB
    Ada yang mengartikan al-thair dengan sejenis serangga atau dewasa ini sering disebut dengan virus. Virus atau mikroba ini disebarkan melalui angin yang memusnahkan seluruh pasukan gajah Abrahah.
  • Mengenal 7 Nama Pasukan Iblis dan Tugas Mereka, Begini Cara Mematahkan Punggungnya
    Tips
    Jum'at, 26 November 2021 - 09:22 WIB
    Setidaknya ada 7 nama pasukan iblis yang bisa dikenali. Menurut Imam Mujahid, mereka ini bekerja sesuai bidangnya masing-masing untuk mengganggu manusia.
  • Jin Qorin Nabi Muhammad Masuk Islam, Jin Qorin Umat Nabi Jadi Pengganggu
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 16:44 WIB
    Setiap manusia diikuti jin dan jin itu disebut jin qorin. Jin tersebut mempengaruhi manusia untuk berbuat jahat. Kecuali jin qorin yang mengiringi Nabi Muhammad SAW.
  • Surat Al-Fiil: Memetik Pelajaran Kisah Pasukan Bergajah
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 06:43 WIB
    Berikut adalah kisah pasukan bergajah yang berniat menyerang Kabah yang dipimpin Abrahah. Pelajaran apa saja yang bisa dipetik dari peristiwa ini?
  • Hari Kedua Perang Kadisiah: Pasukan Persia Tanpa Gajah, Pasukan Muslim di Atas Angin
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 10:25 WIB
    Pertempuran hari itu berlangsung terus sampai malam hari dan pasukan Muslimin melihat ada peluang akan menang. Dengan tak adanya pasukan gajah di pihak Persia pasukan Muslimin merasa diringankan.
  • Perang Pecah, Pasukan Gajah Ngamuk di Tengah Ramalan Buruk tentang Persia
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 06:44 WIB
    Persia melepaskan tiga belas ekor dari pasukan gajahnya untuk menyerang pasukan muslim. Kuda mereka berlarian tunggang langgang dan tinggal orang-orangnya yang hampir binasa diterjang gajah.