Al Ain di UEA, Ibu Kota Pariwisata Teluk: Bunga Mawar di Gurun Sahara

Jum'at, 09 Februari 2024 - 16:53 WIB
loading...
Al Ain di UEA, Ibu Kota Pariwisata Teluk: Bunga Mawar di Gurun Sahara
Oasis subur di Al Ain merupakan daya tarik wisata yang sangat besar.. Foto: Gulf News
A A A
Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk telah mendeklarasikan Al Ain sebagai ibu kota pariwisata Teluk pada tahun 2025.

Wilayah ini sebagai tempat perpaduan antara oasis subur dan sejarah yang kaya, emirat adalah destinasi yang tepat bagi siapa saja yang ingin bertualang di luar ruangan, terutama selama bulan-bulan musim dingin.

Merupakan rumah bagi Jebel Hafeet, puncak tertinggi di Abu Dhabi dan tertinggi kedua di UEA dengan ketinggian 1.249 meter, Al Ain adalah harta karun dalam hal atraksi pemandangan.

Al Ain memiliki oasis yang subur, didukung oleh sistem irigasi falaj kuno (jamak aflaj) dan saluran lainnya, seperti jaringan air dan sumur Perusahaan Distribusi Al Ain. Oasis palem yang dipenuhi kurma segar tersebar di area yang luas, sedangkan pinggiran Al Ain dipenuhi lahan pertanian hijau.

Terkenal dengan mawar dan bunganya, Al Ain dan perbukitan di sekitarnya bersinar dengan tanaman hijau subur. Oasis Al Ain adalah oasis terbesar di emirat, dan telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2011.



Al Ain di UEA, Ibu Kota Pariwisata Teluk: Bunga Mawar di Gurun Sahara

Gulf News melaporkan bahwa oasis ini secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 2016 dengan pembangunan Eco-Centre pendidikan dan sistem jalur teduh yang luas yang melintasinya. Di sini sekitar 147.000 pohon kurma, terdiri dari lebih dari 100 varietas, serta tanaman pakan ternak dan pohon buah-buahan seperti mangga, jeruk, pisang, ara, dan jujube (dikenal secara lokal sebagai sidr).

Al Ain Oasis memiliki berbagai fasilitas antara lain Eco-Centre, Oasis Garden, Miniatur Oasis dan Falaj Exhibition.

Eco-Centre merupakan bangunan ramah lingkungan yang berperan sebagai mesin waktu yang membawa kita dari masa kini kembali ke masa lalu. Ini memiliki layar interaktif dan kegiatan pendidikan.



Taman Oasis dibagi menjadi tiga bagian, masing-masing menampilkan tanaman yang ditemukan di pertanian oasis tradisional.

Miniatur Oasis adalah model skala Oasis Al Ain yang menggambarkan bagaimana dan mengapa dibangun. Di sini pengunjung dapat melihat distribusi air dari saluran irigasi aflaj dan benteng yang dibangun untuk perlindungan yang mengelilingi oasis.

Sistem Al Aflaj
Al Ain di UEA, Ibu Kota Pariwisata Teluk: Bunga Mawar di Gurun Sahara

Pasokan air ke oasis berasal dari sumur dan falaj, yang membawa air dari pegunungan ke pertanian melalui sistem saluran bawah tanah dan permukaan yang kompleks.

Sistem irigasi Aflaj adalah fitur unik dari pegunungan dan dataran gurun di bagian timur UEA. Penyebarannya membuat Al Ain mendapat gelar “Kota Tujuh Aflaj”, yaitu Al Aini, Al Dawoodi, Mutaredh, Muwaiji, Jimi, Qattara, dan Hili.

Kota ini menampung jumlah aflaj terbesar di UEA. Al Aini dan Al Dawoodi adalah dua aflaj utama yang melayani Oasis Al Ain, sedangkan sisanya menyuplai oasis dengan nama yang sama.



Sistem aflaj ditemukan dan digunakan untuk keperluan irigasi selama lebih dari 1.000 tahun di mana saluran irigasi utama ditemukan di dekat situs arkeologi dekat Taman Hili yang dibangun pada paruh pertama 1.000 SM pertama.

Ada sekitar 300 aflaj di Al Ain, dimana 27 aflaj terdapat dengan kedalaman berkisar antara 90 hingga 95 kaki dari permukaan tanah. Al Aflaj di Al Ain memberi makan oasis yang terhubung dengannya dengan air yang cukup untuk budidaya pohon palem.

Kotamadya Kota Al Ain mengawasi aflaj dan oasis di dalam kota, menindaklanjuti irigasi, pemeliharaan, dan pembersihan. Hal ini memastikan air didistribusikan secara merata di antara perkebunan kelapa sawit untuk menjaga kelestarian oasis dan menjaga warisan serta kepentingan sejarahnya.

Kebun Binatang Al Ain
Al Ain di UEA, Ibu Kota Pariwisata Teluk: Bunga Mawar di Gurun Sahara

Kebun Binatang Al Ain menawarkan destinasi ideal yang melayani semua segmen masyarakat, khususnya anak-anak, melalui serangkaian kegiatan seperti Taman Penemuan Anak, perkemahan musiman, dan Kebun Binatang Anak.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)