Inilah Proses Ta'aruf yang Benar dan Sesuai Syariat Islam

Senin, 12 Februari 2024 - 16:51 WIB
loading...
Inilah Proses Taaruf yang Benar dan Sesuai Syariat Islam
Islam mengajarkan umatnya bagaimana menemukan pasangan dengan cara yang baik dengan proses syari menuju ikatan suci pernikahan., salah satunya dengan cara Taaruf. Foto ilustrasi/ist
A A A
Proses Ta'aruf yang benar dan sesuai syariat Islam, penting diketahui oleh umat Muslim terutama yang ingin menemukan pasangan jodohnya. Kenapa penting diketahui? Karena Islam mengajarkan umatnya bagaimana menemukan pasangan dengan cara yang baik dengan proses syar'i menuju ikatan suci pernikahan.

Itulah awal ikatan yang kelak akan dipertahankan kuat hingga akhir hayat dan akan dipertanggungjawabkan di hari akhirat.

Kenapa ta'aruf? Taaruf berasal dari kata ta’arafa yata’arafu yang artinya saling mengenal. Ta’aruf muncul dalam salah ayat Al Qur’an yakni Surat Al Hujarat ayat 13, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا‌ ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ


“Hai manusia sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (li-ta’arofu)…..” (QS. Al HUjarat: 13).

Dibandingkan pacaran, Ta’aruf lebih dianjurkan karena lebih menghindari perbuatan zina . Sebagaimana kita ketahui, Islam melarang keras perbuatan yang mendekat zina. Selain lebih menjauhi zina, berikut 5 alasan mengapa Ta'aruf lebih baik daripada pacaran.

1. Terhindari dari fitnah

Proses ini dianjurkan karena sesuai dengan syariat agama. Proses taaruf akan melibatkan pihak ketiga seperti orangtua atau orang terdekat. Dengan adanya pihak ketiga, calon pasangan akan terhindar dari hal-hal negatif seperti fitnah.

Taaruf ini sangat berbeda dengan pacaran yang cenderung diisi dengan kegiatan berdua-duaan yang mendekati zina dan fitnah.

2. Perjalanan cinta lebih terarah dan jelas

Taaruf dilakukan dengan tujuan untuk menikah, baik cepat atau lambat. Dengan demikian, arah hubungan kamu lebih jelas dan terarah. Sementara ketika pacaran, sering kali tujuan dari hubungan itu sendiri tidak jelas dan hanya sebagai momen saling memberi dan menerima kasih sayang.

3. Terhindari dari harapan palsu

Tak seperti pacaran, taaruf punya tahapan, mulai dari bertukar biodata, bertemu langsung, hingga prosesi lamaran atau khitbah. Ketika berada dalam tahapan tertentu, salah satu pihak merasa tidak cocok atau enggan melanjutkan, maka proses taaruf dalam segera dihentikan. Dengan cara ini juga, kita akan terhindar dari harapan palsu yang bisa membuat kamu galau.

4. Dapat memilih kriteria pasangan yang diinginkan

Saat kita melamar kerja, diharuskan menulis CV (curicullum vitae). Begitu juga ketika kita taaruf, maka kita dibebaskan menulis kriteria calon pasangan yang diinginkan. Mulai dari kepribadiannya, hobi, dan pekerjaannya. Saat kamu menemui calon pasangan yang tidak sesuai dengan kriteria, kita boleh menghentikan proses taaruf.

Walau demikian, bukan berarti kita bisa mudah menghentikan proses taaruf tanpa pertimbangan yang matang. Ingat bahwa tak ada manusia yang sempurna dan sangat sesuai dengan kriteria kita.

5. Bisa mengenal calon pasangan dari orang terdekat

Taaruf akan melibatkan orang terdekat seperti orangtua atau kerabat dekat. Lewat mereka, kita akan mendapatkan informasi yang lebih jujur dan akurat mengenai calon pasangan. Hal ini berbeda dengan pacaran yang cenderung memperlihatkan hanya kebaikan-kebaikan satu sama lain.

Dengan cara ini juga, pihak ketiga akan berusaha menggali informasi sebanyak-banyaknya guna meyakinkan kita. Dengan demikian, kita tidak memerlukan waktu lama untuk mengenal calon pasangan, kan?

Demikian beberapa alasan mengapa taaruf lebih baik daripada pacaran. Ketika kamu memilih taaruf, itu berarti kita sudah melakukan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

Tahapan dan Batasan Ta'aruf

Pada prakteknya, ternyata banyak kesalahan terjadi selama proses ta'aruf tersebut. Padahal dalam ta'aruf itu ada batasan yang harus diperhatikan. Antara lain:

1. Bukan sebagai pacaran Islami

Hal ini adalah kesalahan pertama yang banyak terjadi. Tidak ada istilah pacaran dalam Islam. Sebaliknya, Islam justru melarang segala perbuatan yang biasa dilakukan orang berpacaran. Yakni bertemu pria dan wanita non mahram, berduaan, pergi bersama, berkomunikasi tanpa perantara, hingga bermesraan, berpegangan tangan, berpelukan, dan lain sebagainya. Tak sedikit muslimin yang menganggap dibolehkannya pacaran Islami, yakni pacaran tanpa bersentuhan, tidak berduaan di tempat sepi, dan lain sebagainya. Namun mereka tetap bertemu, berkomunikasi, pergi bersama, saling memandang, memikirkan pasangan, jatuh hati, dan lain sebagainya.

Padahal telah jelas dalil larangan mendekati zina. Saking beratnya dosa zina, Allah pun melarang segala hal berkaitan zina, meski sekedar mendekatinya dan tidak melakukannya.

Allah Ta'ala berfirman,

وَلَا تَقۡرَبُوا الزِّنٰٓى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً  ؕ وَسَآءَ سَبِيۡلًا


“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’: 32).

Rasulullah bersabda, “Mata bisa berzina, dan zinanya adalah pandangan (yang diharamkan). Zina kedua telinga adalah mendengar (yang diharamkan). Lidah (lisan) bisa berzina, dan zinanya adalah perkataan (yang diharamkan). Tangan bisa berzina, dan zinanya adalah memegang (yang diharamkan). Kaki bisa berzina, dan zinanya adalah ayunan langkah (ke tempat yang haram). Hati itu bisa berkeinginan dan berangan-angan. Sedangkan kemaluan membenarkan yang demikian itu atau mendustakannya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

2. Ta'aruf sejatinya menggali informasi sedalam-dalamnya tentang calon pasangan.

Inilah keunggulan taaruf yang tak bisa didapatkan dalam pacaran. Banyak orang yang baru mengetahui keburukan pacarnya setelah menikah. Hal itu semestinya tidak terjadi jika melalui proses taaruf. Karena itulah sangat penting mencari informasi secara detail.

Jangan hanya berpegang dari data diri yang dikirimkan calon pasangan, melainkan bertanyalah pada saudaranya, sahabatnya, gurunya, tetangganya tentang tabiat calon suami. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, lalu menyalahkan proses ta'aruf syar’i. Lalu informasi apa saja yang harus dicari tentang pasangan? Maka ini telah dijelaskan oleh Rasulullah tentang poin penting mencari pasangan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wanita itu dinikahi karena empat perkara, bisa jadi karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu wanita yang memiliki agama. Bila tidak, engkau celaka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Hadis tersebut juga berlaku untuk pria. Hal terpenting adalah melihat agamanya karena jika agama seorang baik, maka baik pula perangainya, akhlaknya, tata kramanya, semangatnya bekerja, hubungannya dengan keluarga, sifat tanggung jawabnya, dan lain sebagainya.

Perhatikan pula bahwa seorang yang nampak secara lahir gemar bermajelis, belum tentu agamanya baik. Seorang yang nampak lahir berpakaian syar’i, belum tentu akhlaknya karim. Seorang yang gemar berdakwah di media sosial, belum tentu rajin ke masjid. Karena itu, carilah informasi secara detail dari orang sekitarnya tentang agamanya secara lahir dan batin.

3. Nadzhar (melihat calon pasangan)

Termasuk tahapan dalam ta’aruf yakni melakukan nadzhar atau melihat calon pasangan. Namun ternyata banyak kesalahan terjadi dalam proses tersebut. Dijelaskan oleh Syaikh Al Utsaimin dalam fatwanya, ada lima hal yang harus diperhatikan dalam melakukan nadzhar.

Pertama yakni tidak berdua-duaan dan berkhalwat saat melakukan nadzhar. Cara syar’i yakni dengan ditemani mahram, atau bisa pula dengan melihatnya dari kejauhan di tempat yang biasa dikunjungi calon pasangan.
Kedua yakni melihat tanpa syahwat. Nadzhar hanyalah melihat secara fisik secukupnya, tidak berlebihan dan tidak menikmati ketampanan atau kecantikannya.
Ketiga, yakni nadzhar hanya dilakukan jika telah serius akan menikah dari kedua pihak. Artinya, proses mengenal pribadi dan mencari informasi telah dilakukan dengan baik dan masing-masing meyakini si calon merupakan pasangan yang tepat untuk dinikahi. Pastikan nadzhar hanyalah memastikan secara fisik agar tak menyesal di kemudian hari.
Keempat, nadzhar hanya melihat fisik yang biasa terlihat
Kelima tidak melakukan riasan dan wewangian saat nadzhar.

4.Tidak Boleh Terlalu Lama

Dalam proses taaruf tidak boleh berlama-lama. Seorang hendaknya melakukan taaruf saat benar-benar siap untuk menikah. Jika terlalu lama melakukan proses taaruf, maka ada banyak keburukan yang akan terjadi. antara lain:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)