Israel Batasi Akses ke Masjid Al-Aqsa selama Ramadan

Rabu, 21 Februari 2024 - 07:27 WIB
loading...
Israel Batasi Akses ke Masjid Al-Aqsa selama Ramadan
Israel akan memberlakukan beberapa pembatasan akses ke Masjid Al-Aqsa. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Israel akan memberlakukan beberapa pembatasan akses ke Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem Timur yang diduduki selama bulan suci Ramadan sesuai dengan “kebutuhan keamanan”. Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melaporkan sebagaimana dikutip Al Jazeera.

Kompleks Al-Aqsa, situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam , terletak di atas bukit di Kota Tua. Situs ini juga dihormati oleh orang-orang Yahudi , yang menyebutnya sebagai Temple Mount.

Pembatasan akses ke situs tersebut telah lama menimbulkan gesekan, terutama menjelang hari raya keagamaan seperti Ramadan, yang akan dimulai sekitar 10 Maret tahun ini.



Ketika ditanya tentang kemungkinan pemblokiran akses bagi beberapa jamaah selama bulan suci Ramadan, kantor Netanyahu mengatakan pada hari Senin: “Perdana menteri membuat keputusan yang seimbang dalam kebutuhan keamanan yang ditentukan oleh para profesional.”

Hamas , kelompok Palestina yang menguasai Jalur Gaza, mengecam rencana pembatasan tersebut dan mendesak warga Palestina untuk melakukan mobilisasi melawan pembatasan tersebut.

Pernyataan tersebut menggambarkan pembatasan sebagai “kelanjutan dari kriminalitas Zionis dan perang agama yang dipimpin oleh kelompok pemukim ekstremis dalam pemerintahan pendudukan teroris terhadap rakyat Palestina”.

Kelompok tersebut meminta warga Palestina di Israel, Yerusalem dan Tepi Barat yang diduduki untuk “menolak keputusan kriminal ini, melawan arogansi dan kekurangajaran pendudukan, dan melakukan mobilisasi untuk berdiri teguh dan teguh di Masjid Al-Aqsa”.

Israel sering menetapkan aturan untuk membatasi jumlah jamaah di situs tersebut, dengan alasan keamanan.



Pasukan Israel sebelumnya telah melakukan serangan di lokasi tersebut selama bulan Ramadan tahun lalu.

Pengumuman ini muncul ketika Israel memperingatkan bahwa mereka akan melanjutkan serangannya ke Gaza selama Ramadan, termasuk di daerah Rafah yang padat penduduk di selatan.

“Dunia harus tahu dan para pemimpin Hamas harus tahu: Jika pada bulan Ramadan para sandera tidak ada di rumah, pertempuran akan berlanjut di mana-mana termasuk wilayah Rafah,” kata anggota kabinet perang Benny Gantz.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)