Profil Aaron Bushnell, Tentara AS yang Bakar Diri di Depan Kedubes Israel

Senin, 04 Maret 2024 - 16:30 WIB
loading...
Profil Aaron Bushnell, Tentara AS yang Bakar Diri di Depan Kedubes Israel
Aaron Bushnell, anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, Minggu (25/2/2024), dikabarkan sudah meninggal dunia. Foto the new york times
A A A
Aaron Bushnell , anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, Minggu (25/2/2024). Aksi mengejutkan tersebut dilakukannya sebagai bentuk protes atas serangan-serangan brutal Tel Aviv terhadap Gaza.

Pasca membakar dirinya sendiri, Bushnell yang mengalami luka berat telah dikabarkan meninggal akibat kondisinya. Lebih jauh, siapakah sebenarnya sosok Aaron Bushnell ini?

Profil Aaron Bushnell

Aaron Bushnell diketahui sebagai salah seorang anggota aktif Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Mengutip laman New York Post, Selasa (27/2/2024), ia memasuki pelatihan dasar sebagai penerbang pada Mei 2020 dan berhasil lulus sebagai ‘top of flight’ dan ‘top of class’.

Terlepas dari militer, Bushnell juga diketahui bekerja sebagai DevOps atau insinyur pengembangan perangkat lunak. Mengacu informasi pada akun LinkedIn miliknya, Bushnell juga dikatakan pernah mendapat pelatihan keamanan siber.

Pada latar belakangnya, Bushnell memiliki kampung halaman di Orleans. Sebelumnya, ia juga pernah bekerja selama 2 tahun di bidang IT untuk Paraclete

Kariernya di militer bermula pada Desember 2019, tepatnya ketika menjadi anggota Program Masuk Tertunda Angkatan Udara di Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Setelahnya, ia memulai pelatihan dasar & teknis sekitar Mei 2020.

Sebelum aksinya membakar diri di depan Kedubes Israel yang berada di Washington, Bushnell sempat memposting unggahan terakhir di Facebook. Singkatnya, pesan tersebut menyiratkan tujuan terakhirnya untuk membela kebebasan Palestina.

Saat tiba di depan gerbang kedutaan, Bushnell menyiram tubuhnya dengan cairan yang mudah terbakar dan melanjutkan aksinya hingga terbakar. Ia pun berulang kali berteriak “Bebaskan Palestina!'' sebelum akhirnya terjatuh ke tanah dan mendapati tubuhnya hangus terbakar.

Menurut sejumlah sumber, Bushnell sebenarnya sempat dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis. Namun, nyawanya sudah tidak bisa diselamatkan.

Demikianlah ulasan mengenai profil singkat Aaron Bushnell, tentara AS yang bakar diri di depan Kedubes Israel.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)