Warga Arab Saudi Operasikan Museum Pribadi dengan 10.000 Benda Peninggalan Sejarah

Kamis, 14 Maret 2024 - 18:03 WIB
loading...
Warga Arab Saudi Operasikan Museum Pribadi dengan 10.000 Benda Peninggalan Sejarah
Dengan luas sekitar 2.200 meter persegi, museum ini memiliki koleksi lebih dari 10.000 benda peninggalan sejarah. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
RIYADH - Seorang penduduk Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi telah membuka museumnya untuk umum yang menampilkan koleksi pribadi artefak warisan Kerajaan sejak beberapa abad yang lalu.

Menurut laporan Saudi Press Agency sebagaimana dikutip Arab News, nama museum itu adalah “Museum Hasmaa”. Tempat menyimpan barang-barang kuno ini dimiliki dan dioperasikan oleh Ode bin Afanan Al-Sulaimi Al-Atwi.

Pengunjung museum akan menelusuri sejarah , budaya, dan peradaban yang berkontribusi dalam pembentukan Kerajaan Arab Saudi, dengan fokus khusus di barat laut.



Dalam sebuah wawancara dengan Saudi Press Agency, Al-Atwi mengatakan bahwa ia mulai mengoleksi barang-barang langka sebagai hobi sekitar 25 tahun yang lalu dan sejak itu ia telah mengumpulkan banyak koleksi artefak sejarah.

Semangatnya memuncak pada gagasan mendirikan museum ini sekitar empat tahun yang lalu, dengan tujuan untuk berbagi kekayaan sejarah manusia Saudi dengan khalayak yang lebih luas.

Dengan luas sekitar 2.200 meter persegi, museum ini memiliki koleksi lebih dari 10.000 benda peninggalan sejarah.

Koleksinya meliputi pakaian kuno, koin, senjata primitif dan buatan pabrik, serta perangkat paling awal yang menandai munculnya teknologi manusia. Ini juga berisi mobil dan beragam barang dari zaman kuno dan modern.

Museum ini menampilkan banyak sekali foto dan artefak yang menceritakan evolusi Kerajaan dan berbagai sektor pemerintahannya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)