Kumpulan Artikel: Sejarah

  • Mengapa Nama Persia Diganti Menjadi Iran?
    Dunia Islam
    Kamis, 25 April 2024 - 19:20 WIB
    Dahulu Iran dikenal dengan sebutan Kerajaan Persia. Sejak 1935, sebutan Persia diganti dengan Iran. Suatu nama yang pernah dipakai oleh nenek moyang bangsa mereka di daratan Tinggi Iran.
  • Begini Lafadz Azan saat Terjadi Hujan Badai, Sudah Tahu?
    Tausyiah
    Minggu, 21 April 2024 - 09:52 WIB
    Lafadz azan saat hujan badai melanda penting diketahui umat Muslim. Jika dibandingkan dengan azan biasa, ada sedikit perbedaan dalam bacaannya.
  • Ini Mengapa Iran Menjadi Negara Islam Kuat yang Mandiri
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 April 2024 - 14:21 WIB
    Rakyat Iran yang semula sangat bergantung pada negara asing, akhirnya mampu memproduksi sendiri sebagian besar kebutuhan senjata, mesin dan barang-barang produksi lainnya.
  • Arab Saudi Tertinggal Membangun Museum karena Khawatir Munculnya Kembali Paganisme
    Dunia Islam
    Senin, 08 April 2024 - 02:00 WIB
    Arab Saudi saat ini mendorong dibangunnya museum.. Kemunculan museum di dunia Arab agak tertinggal karena faktor politik, ekonomi, sosial, pendidikan, dan tantangan agama.
  • 5 Ayat dan Hadis Tentang Malam Nuzulul Quran
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Ayat dan hadis tentang malam Nuzulul Quran penting diketahui umat Muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga sebagai pengingat peristiwa bersejarah dalam agama Islam tersebut.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • 3 Contoh Teks Ceramah Nuzulul Quran, Singkat dan Disertai Dalil
    Hikmah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 03:17 WIB
    Teks ceramah Nuzulul Quran seringkali dicari menjelang tanggal 17 Ramadan atau bertepatan dengan hari turunnya kitab suci Al Quran. Karena pada hari tersebut banyak hal yang dapat disampaikan kepada setiap umat muslim.
  • Kapan Malam Nuzulul Quran 2024? Ini Penjelasan Versi Kemenag dan Muhammadiyah
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 07:45 WIB
    Kapan malam Nuzulul Quran tahun 2024? Pertanyaan ini menyeruak mengingat adanya perbedaan memulai bulan Ramadannnya sehingga ada dua jadwal untuk malam Nuzulul Quran tersebut.
  • Apa Keistimewaan dari Malam Nuzulul Quran? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Apa keistimewaan dari malam Nuzulul Quran atau disebut juga malam peristiwa diturunkan ayat Al Quran untuk pertama kalinya itu? Begini penjelasannya!
  • Teks Ceramah Tarawih Malam 17 Ramadan, Singkat Penuh Makna
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 14:47 WIB
    Teks ceramah tarawih pada malam 17 Ramadan ini, bisa dijadikan contoh untuk memperingati malam Nuzulul Quran. Berikut contoh teks tarawih singkat namun penuh makna di malam 17 Ramadan tersebut:
  • Kala Kopi Digemari Kaum Sufi, Sempat Diharamkan di Era Ottoman
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 17:00 WIB
    Kesultanan Ottoman memainkan peran penting dalam mempopulerkan kopi, mulai dari diperkenalkannya kopi di Istanbul pada pertengahan abad ke-16 hingga pendirian kedai kopi .
  • Apakah Nuzulul Quran Benar Terjadi pada 17 Ramadan? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Apakah Nuzulul Quran benar terjadi pada 17 Ramadan? Pertanyaan seperti itulah yang kebanyakan ditanyakan orang-orang tentang waktu turunnya Al-Quran.
  • 3 Tujuan Pokok dan Dakwah Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dari sejarah diturunkannya Al-Quran, dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Quran mempunyai tiga tujuan pokok. Salah satunya petunjuk akidah dan kepercayaan.
  • Sejarah Nuzulul Quran, saat Dakwah Mewujudkan Prestasi Besar
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • Sejarah Nuzulul Quran: Memblokade Paham-Paham Jahiliah
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:27 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • Sejarah Nuzulul Quran, Periode Pertama: Ayat-Ayat Bimbingan kepada Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:14 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah
  • Warga Arab Saudi Operasikan Museum Pribadi dengan 10.000 Benda Peninggalan Sejarah
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Maret 2024 - 18:03 WIB
    Dengan luas sekitar 2.200 meter persegi, Museum Hasmaa memiliki koleksi lebih dari 10.000 benda peninggalan sejarah. Koleksinya meliputi pakaian kuno, koin, senjata primitif dan buatan pabrik.
  • Inilah Asal-usul dan Sejarah Salat Tarawih di Malam Ramadan
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 09:21 WIB
    Malam-malam di bulan Ramadan diramaikan dengan amalan salat tarawih. Mengapa salat tarawih hanya ada di bulan Ramadan, dan bagaimana asal usul serta sejarahnya?
  • Asal Usul dan Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadan
    Hikmah
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:10 WIB
    Bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah disyariatkannya puasa Ramadan? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri : Menyambut Ramadhan.
  • Ngerinya Orang Munafik, Kenali Tanda-tandanya!
    Hikmah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, munafik adalah sifat tercela yang sangat dibenci. Bahkan Allah Subhanahu wa taala dan Rasulullah SAW memerintahkan umat Muslim agar menjauhi sifat tersebut.
  • Festival Al-Ula: Menghidupkan Kembali Seni Kuno Peradaban Masa Lalu
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Februari 2024 - 20:37 WIB
    Festival dimulai dari 9 hingga 24 Februari, menampilkan acara-acara unggulan, pameran, dan inisiatif kreatif, dalam upaya untuk mengubah kota kuno Arab Saudi menjadi museum hidup terbuka.