Para Mualaf Inggris Merasa Kesepian saat Puasa Ramadan

Selasa, 09 April 2024 - 05:41 WIB
loading...
Para Mualaf Inggris Merasa Kesepian saat Puasa Ramadan
Chloe Sparks. Foto: BBC
A A A
Seorang mualaf dari Leeds, Inggris , merasa kesepian selama Ramadan . Pasalnya, jika muslim lain bersama keluarga mereka, dirinya tak ada yang menemani.

Chloe Sparks, 27, masuk Islam tahun lalu dan kini adalah Ramadan perdana baginya. Ia berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam untuk pertama kalinya.

Chloe mengatakan dia mulai merasa "sedikit kesepian" setelah menyadari bahwa teman-teman Muslimnya menghabiskan bulan itu dikelilingi oleh keluarga dan dia menghabiskan banyak waktu sendirian.



Sheikh Bilal Brown dari New Beginnings, sebuah badan amal yang didedikasikan untuk bekerja dengan para mualaf, mengakui Ramadan bisa menjadi waktu yang sulit bagi mualaf dan "sangat penting bagi para pemeluk Islam baru itu untuk memiliki komunitas di sekitar mereka selama Ramadan".

Mualaf lainnya, Ms Sparks, yang tidak hanya baru pertama kali berpuasa tetapi juga berpuasa sendirian. Ini jelas memiliki tantangan tersendiri.

Dia berkata: “Ketika saya mendengar orang-orang berbicara tentang pengalaman mereka selama Ramadan, menghabiskan banyak waktu bersama keluarga, keluarga besar, dan teman-teman, hal itu membuat saya mulai merasa sedikit kesepian dan menyadari bahwa saya sendirian."

“Segera setelah saya menjadi Muslim, saya sangat bersemangat untuk mencoba berpuasa tetapi saya cukup gugup dan saya berkata pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa dalam beberapa hari pertama untuk menenangkan diri dan minum air jika diperlukan.”

Namun, menurut BBC, Sparks mengatakan bahwa satu hari sebelum Ramadan dimulai, dia berubah pikiran dan memutuskan untuk “langsung” dan berpuasa selama 30 hari penuh.

“Ini merupakan pengalaman yang luar biasa,” katanya, memuji bagaimana komunitasnya mendukungnya.



Dia berkata: “Ada banyak dukungan komunitas untuk Muslim baru di sini di Leeds, ada banyak organisasi dan sejujurnya saya tidak pernah merasa begitu disambut atau didukung.

"Sebagian besar dukungan saya datang dari teman-teman luar biasa yang pernah saya dapatkan... orang-orang menyambut Anda seperti Anda adalah keluarga mereka sendiri."

Dukungan

Sheikh Brown, 44, ikut mendirikan New Beginnings pada tahun 2020 setelah menyadari kurangnya dukungan terhadap orang-orang yang baru masuk Islam.

Mengingat pengalamannya sendiri, sebagai seorang yang masuk Islam, Sheikh Brown mengatakan dia agak kesepian pada awalnya "karena Anda seorang Muslim dan Anda tidak memiliki keluarga untuk berbagi pengalaman", namun menambahkan dia memang punya teman-temannya untuk memberikan dukungan.

New Beginnings menawarkan pendidikan kepada para mualaf seputar aturan Ramadan untuk membantu memudahkan mereka melaksanakannya, namun juga menyediakan komunitas online di mana mereka dapat terhubung satu sama lain.

“Masuk Islam itu sendiri merupakan pengalaman yang sangat sepi. Saya rasa komunitas Muslim tidak memahami betapa sepinya hal itu,” kata Sheikh Brown.



Blogger makanan yang berbasis di Halifax dan lahir sebagai Muslim, Arooj Jamil, mulai menjadi sukarelawan dengan New Beginnings pada tahun 2022 setelah kelompok tersebut memintanya untuk melayani sebuah acara.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)