Daftar Kekejaman Netzah Yehuda, Pasukan Khusus Israel yang Masuk Blacklist AS

Rabu, 24 April 2024 - 05:15 WIB
loading...
Daftar Kekejaman Netzah Yehuda, Pasukan Khusus Israel yang Masuk Blacklist AS
Tentara Israel dari batalyon ultra-Ortodoks Netzah Yehuda berdoa di puncak benteng kuno Masada, 23 Maret 2007. Ilustrasi: MEE
A A A
Amerika Serikat memasukkan Netzah Yehuda, sebuah batalyon militer Yahudi ultra-Ortodoks di tentara Israel , ke dalam daftar hitam, atas pelanggaran hak asasi manusia di Tepi Barat.

Panel Departemen Luar Negeri AS sebagaimana dikutip ProPublica telah merekomendasikan beberapa bulan yang lalu agar Blinken memasukkan sejumlah unit militer dan polisi Israel ke dalam daftar hitam menyusul peninjauan terhadap pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Palestina.

Analis Mairav Zonszein sebagaimana dilansir MEE mencatat bahwa tindakan yang diusulkan bukanlah sanksi hukuman tambahan, melainkan penegakan hukum Leahy.

Axios melaporkan bahwa selain Netzah Yehuda, beberapa unit Israel lainnya tidak akan diberi sanksi oleh Washington karena mereka "memperbaiki perilaku mereka".



Lalu siapakah Netzah Yehuda? Batalyon militer ini pertama kali dibentuk pada tahun 1999, awalnya dikenal sebagai Nahal Heredi dan hanya terdiri dari 30 tentara Israel.

Unit militer yang semuanya beranggotakan laki-laki ini dibentuk untuk mengakomodasi kebutuhan keagamaan para pria Haredi ultra-Ortodoks, yang telah dibebaskan dari wajib militer sejak berdirinya Israel pada tahun 1947.

Unit ini mengecualikan orang non-Yahudi, memiliki peraturan diet agama yang ketat, dan menerapkan pemisahan gender yang ketat (istri petugas adalah satu-satunya perempuan yang diperbolehkan berada di markasnya).

Saat ini, unit tersebut memiliki sekitar 1.000 tentara. Mereka sering merekrut pemukim sayap kanan yang tergabung dalam gerakan Pemuda Puncak Bukit, yang secara rutin ditolak dari unit lain dalam militer Israel.

Batalyon tersebut adalah satu dari lima batalion yang membentuk Brigade Kfir, yang digambarkan oleh militer Israel sebagai “garis depan perang melawan terorisme Palestina” di Tepi Barat yang diduduki.

Netzah Yehuda beroperasi di kota Ramallah dan Jenin di Tepi Barat.

Pada Januari 2022, unit militer tersebut memicu kemarahan internasional setelah Omar Muhammad Assad, 80, warga Amerika keturunan Palestina, meninggal karena serangan jantung menyusul penahanan yang kejam di tangan pasukan Netzah Yehuda.



Menurut saksi mata, Assad diborgol, disumpal dan dipaksa tengkurap, sebelum ditinggalkan dalam posisi tersebut oleh tentara Israel. Dia kemudian ditemukan di pinggir jalan dan dinyatakan meninggal karena serangan jantung.

Kematian Assad memicu seruan penyelidikan oleh anggota kongres dari Wisconsin, tempat Assad tinggal selama beberapa dekade.

Sejarah Pelanggaran

Sebelum kejadian itu, batalion tersebut sudah mempunyai sejarah panjang dalam melakukan kekerasan terhadap warga Palestina.

Pada bulan Juni 2015, seorang tentara Netzah Yehuda menembak seorang warga Palestina yang tidak bersenjata di kota Silwad, sebelah utara Ramallah.

Tentara Israel mengklaim warga Palestina telah melemparkan bom molotov ke arah tentara, namun rekaman video tidak menunjukkan ancaman seperti itu.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2553 seconds (0.1#10.140)