Arti Allahuma Barik Beserta Waktu Pengucapan dan Jawaban

Selasa, 30 April 2024 - 16:48 WIB
loading...
Arti Allahuma Barik Beserta Waktu Pengucapan dan Jawaban
Allahuma Barik merupakan salah satu doa yang sedang menjadi viral di media sosial belakangan ini. Biasanya, kalimat ini diucapkan pada momen-momen istimewa seperti pernikahan atau acara syukuran. Foto ilustrasi/ist
A A A
Allahuma Barik merupakan salah satu doa yang sedang menjadi viral di media sosial belakangan ini. Biasanya, kalimat ini diucapkan pada momen-momen istimewa seperti pernikahan atau acara syukuran.

Doa merupakan bagian penting dalam ajaran Islam, karena memiliki peran besar dalam kehidupan seorang Muslim. Selain doa Barakallahu fiik, doa Allahuma Barik juga sering kali diucapkan.

Meskipun terlihat singkat, kalimat Allahuma Barik memiliki makna yang dalam yang mungkin belum banyak diketahui orang. Apa sebenarnya arti dari kalimat ini?

Arti Allahuma Barik

Allahuma Barik berasal dari Bahasa Arab jika ditulis yakni اللّهُـمَّ بارِكْ , yang secara harfiah berarti Ya Allah, berkahilah. Kata ini berasal dari akar kata Baraka yang artinya memberikan berkah, kebaikan, dan keberuntungan.

Dengan demikian, doa Allahuma Barik adalah bentuk doa yang ditujukan kepada Allah SWT agar memberikan perlindungan dan berkah kepada seseorang.

Waktu Pengucapan Allahuma Barik

Ada beberapa waktu yang disarankan untuk mengucapkan Allahuma Barik:

1. Saat Melihat Sesuatu yang Baru

Disunahkan untuk membaca doa sebelum melakukan aktivitas, agar kegiatan tersebut senantiasa mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Doa yang dapat diamalkan adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar

Artinya:

Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

2. Saat Memberikan Sesuatu kepada Orang Lain

Ketika memberikan sesuatu kepada orang lain, disarankan untuk mengucapkan Allahuma Barik. Tujuannya agar barang yang diberikan dapat bermanfaat dan mendatangkan berkah bagi penerima.

3. Saat Melihat Sesuatu yang Menakjubkan

Allahuma Barik juga bisa diucapkan saat melihat sesuatu yang menakjubkan, seperti pemandangan indah, bayi lucu, atau keberhasilan seseorang.

Jawaban atas Allahuma Barik

Jika seseorang mengucapkan Allahuma Barik, sebaiknya kita membalas dengan kata Amin. Kata Amin berarti Semoga Allah menerima doamu.

Demikianlah penjelasan mengenai arti Allahuma Barik beserta waktu pengucapan dan jawabannya. Semoga bermanfaat!

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)