Kisah Nabi Daniel yang Menubuatkan Kedatangan Nabi Muhammad SAW

Rabu, 01 Mei 2024 - 08:23 WIB
loading...
Kisah Nabi Daniel yang Menubuatkan Kedatangan Nabi Muhammad SAW
Sebagian ulama menyebut Nabi Daniel memiliki setidaknya dua nubuat. Pertama, ia mengabarkan kedatangan Isa bin Maryam, kemudian, nubuat yang kedua berkaitan dengan kedatangan nabi agung Muhammad SAW. Foto ilustrasi/pinterest
A A A
Mendengar nama Nabi Daniel, sebagian orang mungkin masih merasa asing. Namanya sendiri memang jarang dibahas dan tidak masuk dalam daftar 25 nama Nabi yang wajib diketahui umat Islam.

Pada riwayatnya, terdapat banyak kisah menarik seputar Nabi Daniel. Menurut sejumlah sumber, ia pernah menubuatkan kedatangan Nabi Muhammad SAW .

Lantas, siapa sebenarnya Nabi Daniel yang dikatakan pernah menubuatkan kemunculan Nabi Muhammad ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Siapa Nabi Daniel?

Nabi Daniel adalah seorang nabi yang berasal dari kalangan Bani Israil. Secara nasab, ia masih dianggap sebagai keturunan Nabi Daud as.

Menurut literasi ahli kitab, Nabi Daniel hidup pada abad ke-6 SM. Periode waktu tersebut sekitar lima abad sebelum era Nabi Isa as serta dua belas abad sebelum kenabian Muhammad SAW.

Pada agama Islam, Daniel tidak masuk daftar 25 nabi yang wajib diketahui umat Muslim. Sementara itu, dalam tradisi Yahudi dan Kristen namanya diabadikan dalam Kitab Daniel di Alkitab Ibrani serta Injil.

Kisah Nabi Daniel Nubuatkan Kehadiran Nabi Muhammad (H2)

Sebagian ulama menyebut Nabi Daniel memiliki setidaknya dua nubuat. Pertama, ia mengabarkan kedatangan Isa bin Maryam.

Kemudian, nubuat yang kedua berkaitan dengan nabi agung Muhammad SAW. Pada salah satu kisahnya, Nabi Daniel pernah bernubuat tentang kehadiran Nabi Muhammad di masa setelahnya.

Mengutip buku "Zulkarnain Agung antara Cyrus dan Alexander, Jejak Cerita dalam al-Quran dan Riwayat Sejarah" dari Wisnu Tanggap Prabowo, Ibnu Taimiyah pernah menyampaikan bahwa Daniel menyebut nama Muhammad dengan nama, dan berkata, “Anak-anak panah akan terlepas dari busur-busur, dan anak-anak panah tersebut akan dinodai oleh darah, wahai Muhammad.”

Selain kisahnya menubuatkan kedatangan Nabi Muhammad, Nabi Daniel juga terkenal dengan ceritanya yang dilempar ke kandang singa. Ia dijebloskan ke kandang singa oleh Raja Nebukadnezar.

Demikianlah ulasan mengenai kisah Nabi Daniel yang menubuatkan kedatangan Nabi Muhammad SAW.


Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3993 seconds (0.1#10.140)