Ketika Zionisme Melabeli Pejuang Palestina sebagai Anti-Semit

Minggu, 05 Mei 2024 - 05:50 WIB
loading...
Ketika Zionisme Melabeli Pejuang Palestina sebagai Anti-Semit
Pejuang Palestina yang berjuang membebaskan negerinya dari penjajahan dicap Israel sebagai anti-Semit. Foto: Ist
A A A
Prof Joseph Massad mengatakan ketika anti-Semitisme yang disponsori negara menghilang seiring dengan kekalahan Nazi dan kengerian Holocaust Nazi mulai diketahui, kaum Zionis berusaha menyembunyikan sebagian besar sejarah kolaborasi mereka dengan gerakan dan rezim anti-Semit.

"Namun hilangnya anti-Semitisme negara menciptakan dilema bagi proyek Zionis," tulis Joseph Massad dalam artikelnya berjudul "Zionism, anti-Semitism and Colonialism" yang dilansir Al-Jazeera..

Profesor Madya Politik Arab Modern dan Sejarah, Intelektual di Universitas Columbia ini menjelaskan jika Zionisme menganggap dirinya sebagai respons terhadap ancaman anti-Semit terhadap orang-orang Yahudi , dengan berakhirnya anti-Semitisme negara, alasan keberadaan Zionisme akan berada dalam bahaya, karena orang-orang Yahudi tidak akan yakin akan perlunya pindah ke negara baru Israel.



Selain itu, seiring dengan penolakan terhadap anti-Semitisme di dunia pasca- Perang Dunia II , kolonialisme juga ditolak. "Ketika era kolonial berakhir dan dunia negara-negara merdeka pasca-kolonial bermunculan, kolonialisme seperti anti-Semitisme sepenuhnya didelegitimasi dalam hubungan internasional dan dalam bahasa Eropa," katanya.

Transformasi ini menempatkan Zionisme dalam kebingungan. Zionisme hanya bisa melanjutkan dengan lebih banyak kolonisasi atas tanah Palestina, namun, menyadari meningkatnya permusuhan terhadap kolonialisme, Zionisme mulai menampilkan proyek kolonialnya sebagai perjuangan anti-kolonial.

"Karena sponsor Inggris harus mundur dan membatasi dukungan mereka terhadap proyek Zionis sejak awal Perang Dunia II, Zionis sayap kanan berbalik menentang mereka," tambahnya.

Melancarkan serangan teroris terhadap pasukan Inggris, para penjajah Yahudi bersikukuh bahwa Inggris telah mengkhianati mereka.

Pada periode antara tahun 1944 dan 1948, terorisme Yahudi dan tanggapan Inggris terhadapnya menyebabkan terbunuhnya 44 teroris Yahudi dan 170 tentara serta warga sipil Inggris, dengan perbandingan 4 berbanding 1 untuk kelompok teroris.

Tidak seperti perjuangan anti-kolonial lainnya yang mana jumlah korbannya akan sangat berpihak pada penjajah, Zionisme mulai menyebut perang terorisnya melawan Inggris sebagai “perang kemerdekaan”, dan menjadikan dirinya sebagai gerakan anti-kolonial.



Kini, ketika Zionis mulai mengkode ulang proyek kolonial mereka sebagai “anti-kolonial” sambil melanjutkan penjajahan, mereka memahami bahwa mereka dapat memanfaatkan permusuhan terhadap anti-Semitisme dalam opini publik Eropa.

Ketika rakyat Palestina meningkatkan perlawanan mereka terhadap penjajahan Yahudi dari tahun ke tahun, dan dekade demi dekade, Zionisme mulai melawan mereka dengan melabeli mereka sebagai anti-Semit.

"Memang benar, pada saat itulah setiap seruan untuk mengakhiri penjajahan Zionis akan dihadapkan pada argumen anti-Semitisme," ujar Prof Joseph Massad.

Israel kemudian memutuskan bahwa jika anti-Semitisme negara tidak ada, maka hal itu harus dimunculkan, jika serangan terhadap orang Yahudi karena Yahudi tidak ada, maka serangan tersebut harus direkayasa, jika sikap anti-Semit dapat diketahui, hal tersebut harus dimanfaatkan, digeneralisasikan dan dibesar-besarkan.

"Karena satu-satunya pertahanan yang bisa dilakukan Israel di dunia baru yang menentang kolonialisme dan anti-Semitisme adalah dengan menggunakan salah satu cara untuk membela yang lain," tambah Prof Joseph Massad.

Zionisme akan mulai menulis ulang perjuangan Palestina melawan penjajahan Yahudi bukan sebagai perjuangan anti-kolonial namun sebagai proyek anti-Semit.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)