Lafaz Labbaik Allahumma Labbaik dan Artinya

Senin, 06 Mei 2024 - 13:11 WIB
loading...
Lafaz Labbaik Allahumma Labbaik dan Artinya
Lafaz Labbaik Allahumma Labbaik seringkali kita dengar ketika musim haji tiba, atau kalimat yang sering dilatunkan para calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji Foto ilustrasi/freepiks
A A A
Lafaz atau kalimat Talbiyah , Labbaik Allahumma Labbaik seringkali kita dengar ketika musim haji tiba, atau kalimat yang sering dilatunkan para calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji di bulan Dzulhijjah.

Arti dari kalimat Talbiyah ini mengandung pujian kepada Allah dan pengakuan hamba terhadap seluruh nikmat-Nya dan kekuasaan-Nya. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu menjelaskan sifat haji Nabi shollallahu 'alaihi wasallam:

ثم أهل بالتوحيد لبيك اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك " رواه مسلم


Artinya: "Kemudian beliau mengawali dengan kalimat tauhid, 'Labbaika Allahumma labbaik, Laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan-ni'mata laka wal mulk, laa syariikalak." (HR Muslim)

Berikut kalimat Talbiyah yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam beserta artinya:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ


Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan-ni'mata laka wal mulk, laa syarika lak.

Artinya: "Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Hukum membaca kalimat Talbiyah adalah sunnah Muakkad. Semua ulama sepakat bahwa kalimat ini bagian dari syiar haji atau umrah dan dianjurkan dibaca dengan mengeraskan suara. Untuk jemaah Haji perempuan tidak dianjurkan mengeraskannya.

Kalimat ini dibaca oleh jamaah haji maupun Ihram sejak berniat ihram atau haji di tanah halal (dari Miqat) hingga memasuki Tanah Suci Masjidil Haram.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)