Kumpulan Artikel: Fiqih Haji Dan Umrah

  • Inilah Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:19 WIB
    Melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sebuah momentum besar. Haji dan umrah juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama menunaikan ibadah ke KakBah atau Baitullah.
  • Haji itu Miniatur Perjalanan Hidup Manusia, Begini Gambarannya
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 21:40 WIB
    Tak tersangkal lagi bahwa selain sebagai representasi kesempurnaan Islam (kamaliat al-Islam), haji juga sekaligus menjadi gambaran kehidupan manusia secara totalitas.
  • Aktivitas Paling Berat Bagi Jemaah Haji Adalah di Mina
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 17:33 WIB
    Ibadah Haji itu umrah plus, tapi plusnya adalah plus ke Arafah, Muzdalifah dan Mina. Di Mina inilah aktivitas paling berat buat para jemaah Haji. Simak ulasannya.
  • 8 Keringanan dan Rukhsah dalam Ibadah Haji
    Tausyiah
    Senin, 26 Juni 2023 - 15:37 WIB
    Ibadah Haji 2023 akan memasuki puncaknya saat Wukuf di Arafah besok Selasa 27 Juni 2023 sesuai ketetapan waktu Pemerintah Arab Saudi. Inilah beberapa keringanan dalam ibadah haji.
  • Tahallul Lebih Utama Gundul, Ini Ganjarannya
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:34 WIB
    Tahallul adalah mencukur habis rambut atau memendekkannya sebagian setelah rukun Sai ketika mengerjakan Haji dan Umrah. Berikut keutamaan menggunduli kepala saat tahallul.
  • 4 Ciri-ciri Haji Mabrur, Salah Satunya Ucapannya Makin Santun dan Lembut
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:35 WIB
    Mabrur artinya penuh dengan kebaikan. Adapun Haji Mabrur adalah Haji yang baik dan diterima oleh Allah Taala. Lalu bagaimana ciri-ciri Haji Mabrur? Simak penjelasan berikut.
  • Doa Pulang Haji Berikut Zikir yang Dianjurkan Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 17:24 WIB
    Doa pulang Haji dan Umrah berikut zikirnya sangat baik diamalkan para jemaah haji yang kembali ke rumahnya. Berikut bacaan doa dan zikirnya lengkap Arab dan artinya.
  • Bolehkah Anak Kecil Melaksanakan Ibadah Haji? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 04:30 WIB
    Haji merupakan salah satu rukun Islam yang cara pelaksanaannya berbeda dengan empat rukun Islam lainnya. Ibadah yang satu ini hanya bisa dilaksanakan di Tanah Suci Makkah.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Perbedaan Miqat Zamani dan Miqat Makani
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 18:22 WIB
    Salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan oleh para jamaah baik umroh maupun haji adalah tempat miqat. Miqat sendiri merupakan batas dimulainya pelaksanaan haji atau umrah.
  • Bacaan Talbiyah Ketika Ibadah Haji dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 16:37 WIB
    Kalimat Talbiyah ini sering kita dengar ketika musim Haji di bulan Duzhijjah. Labbaika, Allahumma Labbaika..... Salah satu keutamaan kalimat ini mengandung pujian kepada Allah.
  • Amalan-amalan Ketika Safar Umrah di Tanah suci
    Tips
    Sabtu, 29 April 2023 - 14:23 WIB
    Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika safar umrah di tanah suci. Amalan-amalan tersebut untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bersafar umrah ini. Apa saja amalannya?
  • Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jamaah Haji
    Tips
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:13 WIB
    Doa yang dibaca saat menyambut jamaah haji perlu diketahui dan diamalkan umat muslim. Saat ini sudah lebih 33.000 jamaah Indonesia telah kembali ke Tanah Air.
  • Hikmah Haji : Semua Sama Kedudukannya di Hadapan Allah
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang terpenting. Dalam ibadah haji inilah, Allah mengumpulkan semua umat Islam di seluruh dunia untuk mengagungkanNya
  • Hukum Mengadakan Syukuran Haji di Kampung Halaman, Begini Pandangan Ulama
    Tips
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Hukum mengadakan syukuran haji di kampung halaman masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Syukuran atau tasyakuran ibadah haji atau yang dikenal dengan walimatus safar ini, memang cukup populer.
  • Syarat Wajib Haji yang Perlu Diketahui
    Tips
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 14:24 WIB
    Melaksanakan ibadah haji wajib hukumnya bagi yang mampu. Haji adalah beribadah ke Baitullah (Kabah) di Makkah baik laki-laki maupun perempuan beragama Islam yang mampu dan telah memenuhi syarat tertentu.
  • Hukum Wukuf di Luar Arafah, Bagaimana Status Hajinya?
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 09:29 WIB
    Hukum wukuf di luar Arafah jelas tidak sah hajinya sebab ibadah haji adalah wukuf di Padang Arafah. Rukun haji ada 4, yakni: Ihram, wukuf di Arafah, thawaf Ifadhah, dan sai.
  • Muslimah Berhaji Tanpa Mahram, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Senin, 20 Juni 2022 - 13:37 WIB
    Menunaikan ibadah haji bagi yang telah mampu pasti diinginkan hampir setiap umat muslim, tak terkecuali kaum muslimah. Namun terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji meski tanpa disertai mahram.
  • Amalan Agar Dimudahkan Berangkat Haji
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 00:00 WIB
    Setiap muslim tentu ingin menunaikan ibadah Haji. Bagi yang ingin dipermudah melaksanakan rukun Islam kelima itu, ada baiknya mengamalkan doa Nabi Ibrahim berikut.
  • Hukum Hutang untuk Umroh, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 09:56 WIB
    Pergi menunaikan ibadah haji atau umroh dengan dana yang berasal dari berhutang terjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang membolehkan hutang, tetapi ada yang berpendapat harus menghindari hutang.