62 Ton Obat-obatan Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Senin, 13 Mei 2024 - 06:29 WIB
loading...
62 Ton Obat-obatan Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia di Madinah
Jemaah haji Indonesia di Madinah. Penyakit yang paling banyak diderita tahun lalu adalah hipertensi, lalu gangguan-gangguan dislipidemia, seperti gangguan lemak dan kolesterol, lalu diabetes mellitus. Foto: andryanto wisnuwidodo
A A A
MADINAH - Sebanyak 62 ton obat-obatan disiapkan khusus untuk jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi . Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah menyiapkan 62 ton obat-obatan untuk jemaah haji yang semuanya didatangkan dari tanah air.

Pengadaan obat di KKHI sudah memperhitungkan pola penyakit dan jumlah kebutuhan obat yang diperlukan.
Stok 62 ton itu berasal dari stok tahun 2023, termasuk kebutuhan obat di tahun 2024. Sisanya dilakukan stok opname lagi untuk kebutuhan di 2025.

“Ada kebutuhan obat yang sifatnya vital, ada esensial dan non esensial. Kalau vital itu ada penambahan sekitar 20 persen, vital misalnya jantung tambah 20 persen, esensial 20 persen, dan vitamin cukup 5 persen,”ujar Kasie Kesehatan KKHI Madinah Muhammad Firdaus SKM. MT KKM, Sabtu (11/5/2024) di Madinah, Saudi Arabia.

Menurut Firdaus, penyakit yang paling banyak diderita tahun lalu adalah hipertensi , lalu gangguan-gangguan dislipidemia, seperti gangguan lemak dan kolesterol , lalu diabetes mellitus .KKHI menyediakan fasilitas ruang Unit Gawat Darurat (UGD) yang memiliki 10 tempat tidur, ruang High Care Unit (HCU) dengan kapasitas 8 tempat tidur, lalu ruang rawat inap laki-laki dan perempuan yang masing-masing berkapasitas 18 tempat tidur.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4007 seconds (0.1#10.140)
pixels