Cerita Witan Sulaeman Bisa Berangkat Haji Bersama Istri

Minggu, 26 Mei 2024 - 09:31 WIB
loading...
Cerita Witan Sulaeman Bisa Berangkat Haji Bersama Istri
Pemain tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia Witan Sulaeman bisa berangkat haji bersama istri tahun ini. Foto/MCH 2024
A A A
JAKARTA - Pemain tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia Witan Sulaeman bisa berangkat haji bersama istri tahun ini. Witan menyebut dirinya tidak daftar haji mendadak.

Sejak 2019, ia telah mendaftar dan mendapatkan porsi haji. Berkat program penggabungan mahram oleh Kemenag, Witan bersama istri yang telah terdaftar sejak 2012, dapat berangkat haji tahun ini.

“Karena sudah di atas lima tahun, jadi bisa mengurus penggabungan mahram,” katanya seperti dikutip laman Kemenag, Jumat (24/5/2024).



Pria kelahiran Kota Palu ini menjelaskan, saat akan memanfaatkan kebijakan penggabungan mahram, dirinya mengurus segala persyaratan di Kemenag Kota Palu. Ia menilai pelayanan Kemenag sangat baik.

Hal itu dia rasakan saat mengurus administrasi dengan pegawai Kemenag di Kota Palu. “Pelayanan Kemenag sangat baik sekali. Sejak pendaftaran (pelunasan) tidak dipersulit, karena yang penting kita punya berkas-berkas. Jadi semua aman,” kata Witan.

Sambil tersenyum dan mengacungkan jempol, saat ditanya perihal layanan yang ia terima sebelum berangkat Haji. Berbeda dengan 2023, tahun ini Kemenag membuka lagi kebijakan penggabungan mahram.

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu memiliki hubungan keluarga yang dibuktikan dengan akta nikah, akta kelahiran, atau kartu keluarga. Kedua, jemaah yang digabung telah melunasi Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) tahap pertama, dan yang digabung sudah terdaftar lima tahun sebelumnya serta memiliki syarat istita’ah kesehatan.

Kehadiran Witan di asrama Haji Transit Palu cukup membuat heboh. Ia tak henti diminta berfoto oleh jemaah bahkan panitia, semua diladeni dengan santun. Dalam kesempatan ini, Witan juga mengajak agar setiap anak muda berusaha dan bertawakal untuk bisa berhaji.

Hal itu karena untuk dapat berhaji harus menunggu beberapa tahun. “Kalau ada rezeki, bisa kalian daftar haji. Karena waiting list-nya sangat panjang. Jadi yang penting daftar dulu,” ujarnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)
pixels