Intip Perbedaan Haji Mandiri dan KBIH, Apa Saja?

Senin, 27 Mei 2024 - 16:27 WIB
loading...
Intip Perbedaan Haji Mandiri dan KBIH, Apa Saja?
Secara umum, umat Muslim di Indonesia mengenal dua perjalanan haji yang legal. Masing-masing adalah haji reguler dan haji khusus atau haji plus. Foto ilustrasi/ist
A A A
Perbedaan haji mandiri dan KBIH penting diketahui calon jemaah. Keduanya merupakan bagian dari penyelenggaraan haji reguler. Secara umum, umat Muslim di Indonesia mengenal dua perjalanan haji yang legal. Masing-masing adalah haji reguler dan haji khusus atau haji plus.

Pada pelaksanaannya, jemaah haji reguler biasanya juga terbagi atas dua kelompok besar. Ada jemaah haji mandiri, lalu terdapat pula jemaah yang ikut Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Pada ulasan ini, akan dibahas mengenai perbedaan dari haji mandiri dan KBIH. Berikut informasinya yang bisa disimak sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (20/5/2024).

Perbedaan Haji Mandiri dan KBIH

1. Haji Mandiri

Jenis haji mandiri mengacu pada penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan oleh individu atau kelompok tanpa melalui penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK). Mereka juga sering disebut sebagai jemaah yang bisa melaksanakan ibadah dan perjalanan haji tanpa bergantung kepada pihak lain.

Pada haji mandiri, dari awal kegiatan bimbingan manasik hingga pelaksanaannya di Tanah Suci, segala urusan jemaah dikelola langsung oleh kantor Kementerian Agama (Kemenag). Kendati dikatakan mandiri, rombongan haji mandiri tetap ada bagian seperti ketua kloter, pembimbing ibadah hingga tim kesehatan.

Sedikit bedanya, jamaah haji mandiri lebih dibebaskan untuk menyusun kegiatan sesuai dengan keinginan masing-masing. Jika dibandingkan dengan KBIH, haji mandiri juga punya kelebihan dan kekurangan sendiri.

Pada satu sisi, haji mandiri mungkin membuat kegiatan jemaah lebih fleksibel dan hemat biaya. Namun, jenis haji ini membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar dalam mempersiapkan serta mengurus berbagai keperluan perjalanan haji.

2. KBIH

KBIH merupakan singkatan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Kelompok ini merupakan lembaga sosial keagamaan yang sudah mengantongi izin pemerintah untuk melaksanakan bimbingan kepada jemaah haji.

Pada pelaksanaannya, bimbingan yang dimaksud mencakup dari sebelum keberangkatan hingga sampai terbang ke Tanah Suci. Biasanya, pelaksanaan bimbingan KBIH lebih intensif dengan banyak pertemuan.

Berbeda dengan haji mandiri, kegiatan ibadah di Tanah Suci nantinya juga sudah terencana dan berbarengan. Selain itu, ada juga kelebihan dan kekurangan dari jenis haji ini.

Bagi jemaah yang ikut KBIH, mereka mendapat kemudahan karena urusan haji sudah ditangani pihak penyelenggara. Kekurangannya mungkin seperti biaya yang lebih tinggi hingga keterbatasan dalam mengatur perjalanan haji sesuai keinginan pribadi.

Demikian ulasan mengenai perbedaan haji mandiri dan KBIH yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)
pixels