Menag Pimpin Tim Amirul Hajj 2024, Pastikan Beri Layanan Terbaik bagi Jemaah Haji

Rabu, 29 Mei 2024 - 11:46 WIB
loading...
Menag Pimpin Tim Amirul Hajj 2024, Pastikan Beri Layanan Terbaik bagi Jemaah Haji
Menag Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin Tim Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Foto/SINDOnews
A A A
JEDDAH - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin Tim Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Tim berkekuatan 15 tokoh ini dipilih dari berbagai perwakilan.

Gus Yaqut panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas memimpin tim sebagai Ketua Delegasi (Amir). Sedangkan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Syaiful Rahmat Dasuki sebagai Sekretaris.

Tokoh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Habib Sayyid Muhammad Hilal al Aidid (PBNU) dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas sebagai Naib Amirul Hajj (Wakil).



Selanjutnya, sembilan anggota terdiri dari perwakilan lintas kementerian/lembaga negara dan pondok pesantren sebagai anggota. Kemudian, dua orang dari Kemenag di bidang sekretariat. Yaqut berharap, tim Amirul Hajj dapat bekerja dengan baik dan memastikan jemaah mendapat layanan terbaik.

"Amirul Haj adalah penugasan yang diberikan negara untuk memastikan pelayanan bagi jemaah haji Indonesia mendapatkan pelayanan terbaik," ucap pria yang juga kerap disapa Gus Men ini, saat memimpin Rapat Koordinasi awal Amirul Haj, di Jakarta, Selasa, 28 Mei 2024.



Dia menerangkan, tugas Amirul Hajj tidak untuk memberikan kritik kepada Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tugas Amirul Haj adalah memastikan layanan terbaik Pemerintah untuk jemaah haji Indonesia.

Yaqut menyampaikan, seluruh anggota Amirul Hajj harus memastikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia. "Tugas ini tidak mudah. Misi besar yang bisa hanya ditandingi dengan misi perang. Pekerjaan misi haji yang dilakukan jauh lebih besar dari misi perang," ucapnya.

Gus Yaqut berharap, semua anggota Amirul Haj dalam keadaan sehat dan bisa melaksanakan semua misi haji dengan serius dan tekun. "Kita diberangkatkan oleh negara, bukan semata-mata untuk melaksanakan haji. (Ibadah haji) itu bonus. Namun, orientasi tugas adalah layanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia," ucapnya.

Berikut susunan lengkap Amirul Haj 2024/1445

Amirul Haj: Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama)

Naib Amirul Haj: Habib Sayyid Muhammad Hilal al Aidid (PBNU), Anwar Abbas (PP Muhammadiyah)

Sekretaris Amirul Haj: Syaiful Rahmat Dasuki (Wakil Menteri Agama)

Anggota: Habib Ali Hasan Bahar (Kementerian Agama), Setiaji (Kementerian Kesehatan), Andie Megantara (Kementerian Koordinator PMK), M. Aqil Ihram (Kementerian Agama ), Reza Ahmad Zahid (Pondok Pesantren), Budi K Kresna (Kementerian Perhubungan), Ahmad Fahrurrozi (MUI), Alissa Wahid (Gerakan Keluarga Maslahat NU), Ariati Dina Puspita (PP Nasyiatul Aisyiyah)
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)
pixels