5 Check Point Masuk Makkah, Tangkal Jemaah Ilegal Non Visa Haji

Jum'at, 31 Mei 2024 - 09:10 WIB
loading...
5 Check Point Masuk Makkah, Tangkal Jemaah Ilegal Non Visa Haji
Ada lima check point yang disiagakan Pemerintah Arab Saudi dalam memperketat masuknya jemaah calhaj Indonesia yang akan menuju Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Foto/SINDOnews/Andryanto Wisnuwidodo
A A A
MAKKAH - Ada lima check point (pos pemeriksaan) yang disiagakan Pemerintah Arab Saudi dalam memperketat masuknya jemaah calon haji (Calhaj) Indonesia yang akan menuju Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji . Setidaknya ada lima titik check point yang harus dilalui jemaah yang datang dari Madinah maupun Jeddah.

Pemerintah Arab Saudi memperketat jalur masuk Makkah itu untuk mengantisipasi kedatangan jemaah haji ilegal yang tidak memiliki visa haji. Sehingga, proses ibadah pada puncak haji nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar.



Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Nasrullah mengatakan jemaah yang datang dari Jeddah akan melewati dua titik check point.

"Kalau dari Jeddah ke Makkah ini ada dua (Check Point). Jadi, pertama di Shumaisi. Dan yang kedua yang pas biasa cek orang umrah itu, di daerah Zaidi," ujar Nasurullah saat diwawancara di Kantor Daker Makkah, Kamis (30/5/2024).

Nasrullah hampir setiap hari melakukan perjalanan dari Jeddah ke Makkah. Menurut dia, pihak keamanaan Arab Saudi juga selalu melakukan pemeriksaan terhadap dirinya.

"Hampir tiap hari saya ke Makkah. Itu di Shumaisi itu ada check point rutin dari pemerintah Arab Saudi. Karena saya punya tasreh murur untuk izin masuk Makkah, itu bukan hanya diperlihatkan kertasnya saja, tapi dicocokkan dengan alat yang mereka punya," ucap dia.

Jika surat izin yang dibawanya itu sesuai dengan alat tersebut, maka baru bisa lewat menuju Makkah. Jika tidak cocok, kata dia, maka biasanya akan dibelokkan ke luar area itu.

"Jadi kami pun yang di Arab Saudi itu ketika masuk ke Makkah, itu mendapatkan pemeriksaan yang cukup ketat, dan tiap hari diperiksa," kata Nasrullah.

Sementara itu, untuk jalur Madinah-Makkah lebih ketat lagi. Karena, jemaah harus melewati tiga kali check point, yaitu di daerah setelah Dzul Hulaifah (Bir Ali), pertengahan jalur Madinah-Makkah, dan di daerah Jumum.



"Kalau dari Madinah, malah sejak ngambil Miqat di Bir Ali sudah dicek. Belum lagi nanti beberapa check point, mungkin kalau gak salah ada tiga," jelas dia.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1026 seconds (0.1#10.140)
pixels