Sosialisasi dan Integrasi Petugas Harus Dilakukan Jelang Puncak Haji 2024

Sabtu, 01 Juni 2024 - 10:18 WIB
loading...
Sosialisasi dan Integrasi Petugas Harus Dilakukan Jelang Puncak Haji 2024
Puncak haji itu akan segera berlangsung 16-17 hari lagi. Ilustrasi: al jazeera
A A A
Sosialisasi dan integrasi petugas sangat penting dilakukan menjelang pelaksanaan puncak haji 2024 pada pertengahan Juni 2024. Dua hal itu menjadi masukan dari tim Pengendalian Tugas (Dalgas) PPIH Arab Saudi dan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) penyelenggaraan ibadah haji 2024 saat melakukan kunjungan ke Daker Madinah .

Kepala Pengendalian Tugas (Kadalgas) Hasan Basri Sagala bersama Tim Monev didampingi Kadaker Madinah, Ali Machzumi melakukan kunjungan ke Sektor 2 yang diterima Kasektor 2 Madinah, Jumat (31/5/2024).

Kadalgas Hasan Basri Sagala bersama Tim Monitor dan Evaluasi penyelenggaraan ibadah haji juga didampingi Rektor UIN Mataram Prof Masnun, Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof Martin Kustati, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Ahmad Muzakki, Karo Keuangan dan BMN Subarja dan Karo Hukum dan KLN Dr Ahmad Bahiej.



Tim Monev juga mengunjungi Kantor Sektor 5 di Hotel Huda Taiba, Madinah disambut Kepala Sektor 5 Madinah, Abbar Munandar beserta jajarannya. Dalam kesempatan ini, Kadalgas dan rombongan tim monev meninjau sekaligus mengevalusi hasil kinerja pelayanan petugas haji kepada jemaah haji Indonesia pada gelombang satu.

Setelah mengunjungi Sektor 5, rombongan langsung mengunjungi Sektor 2 di Hotel Abraj Taba Madinah. Rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi klinik satelit atau klinik kesehatan yang ada di sektor 2.

Anggota Monev, Prof Martin Kustati yang juga Rektor UIN Imam Bonjol Padang mengungkap ada tujuh indikator yang mereka diskusikan bersama tim di Daker Madinah.

Kesimpulannya, kata Martin, menjadi prinsip pelaksanaan haji tahun 2024 telah berjalan dengan baik. “Ada beberapa potensi dari pada risiko-risiko sudah dimitigasi oleh kawan-kawan dan petugas yang dipercayakan pada tahun ini,” ujarnya.



Menurutnya, proses mitigasi ini perlu ada penanganan baik secara teknis maupun rekomendasi dalam tataran kebijakan. “Nah untuk rekomendasi dalam tataran kebijakan ini kita sebagai tim monev bersama Kadalgas Hasan Basri Sagala dan kita semua ada enam,” paparnya.

Dia juga mengingatkan, puncak haji itu akan segera berlangsung 16-17 haji lagi. “Saya kira ini yang perlu disosialisaskan dan perlu integrasi. Semua tim, bukan hanya tugas fungsi kesehatan, tapi harus dengan MCH juga, harus terintegrasi dengan tim,” ujarnya
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)
pixels