Masjid Nabawi Berangsur Sepi usai Jemaah Haji Indonesia Bergerak ke Makkah

Sabtu, 01 Juni 2024 - 20:39 WIB
loading...
Masjid Nabawi Berangsur Sepi usai Jemaah Haji Indonesia Bergerak ke Makkah
Masjid Nabawi yang biasanya ramai berangsur sepi karena Jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang tiba di Madinah sejak 12 Mei sudah bergerak ke Makkah. FOTO/SINDOnews/ANDRYANTO WISNUWIDODO
A A A
JAKARTA - Masjid Nabawi yang biasanya ramai sejak kedatangan jemaah haji Indonesia kini berangsur sepi. Jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang tiba di Madinah sejak 12 Mei sudah bergerak ke Makkah.

Seluruhnya sudah bergerak ke Makkah untuk menyambut puncak haji 2024. Tinggal jamaah haji khusus Indonesia yang masih ada di Madinah. Itu pun sebagian besar akan ke Makkah besok, Minggu (2/6/2024).

Hari ini, Sabtu (1/6/2024), sebanyak 4.743 jemaah haji Indonesia diberangkatkan ke Makkah. Ini adalah rombongan haji gelombang pertama yang terakhir berada di Madinah.



Mereka terpecah menjadi 12 kloter. Para jemaah diberangkatkan dari hotel masing-masing. Sebelum ke Makkah, para jamaah transit di Masjid Dzul Hulaifah atau dikenal dengan Bir Ali untuk melakukan miqat. Yakni salat sunnah umrah dan melafalkan niat umrah.

Pemberangkatan para jemaah di hampir seluruh hotel berlangsung lebih cepat dari jadwal. Seperti rombongan jamaah kloter SUB 45 Embarkasi Surabaya. Mestinya jadwal keberangkatan dari hotel pukul 09.00.

Sesuai jadwal, seharusnya mereka berangkat pukul 09.00. Namun, rombongan sudah bisa diberangkatkan menuju Masjid Bir Ali satu jam lebih awal dari jadwal.

"Ini tidak lepas dari cepatnya persiapan yang dilakukan oleh para kepala rombongan (karom) maupun kepala regu (karu) di masing-masing kloter. Sehingga, semua persiapan pemberangkatan bisa lebih cepat,” kata Kepala Sektor 5 PPIH Arab Saudi Abrar Munanda.



Pemberangkatan jamaah haji gelombang terakhir dari Madinah ke Makkah juga dipantau langsung oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi Ali Machzumi.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6437 seconds (0.1#10.140)
pixels