Periksa Makanan Jemaah Haji Indonesia, BPOM: Penuhi Syarat, Aman dari Bahan Berbahaya

Sabtu, 01 Juni 2024 - 11:05 WIB
loading...
Periksa Makanan Jemaah Haji Indonesia, BPOM: Penuhi Syarat, Aman dari Bahan Berbahaya
Tim BPOM memastikan makanan siap saji untuk jemaah haji Indonesia aman dari bahan berbahaya. Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo
A A A
MADINAH - Kualitas makanan untuk jemaah haji Indonesia mendapat pengawasan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Tim BPOM diterjunkan untuk memeriksa makanan yang diberikan kepada jemaah haji di Tanah Suci.

Pemeriksaan secara teliti dilakukan untuk memastikan makanan yang dikirim oleh katering di Madinah maupun Makkah bebas dari bahan-bahan berbahaya.

"Kami dari Badan POM bersama-sama tim Kemenag (Kementerian Agama) ikut melaksanakan pemeriksaan makanan, dapur katering, dan memeriksa sampel makanan yang dikirimkan ke Daker (daerah kerja)," ungkap anggota BPOM Fitria Azelini, saat ditemui di Daker Madinah, Kamis (30/5/2024).



BPOM menerjunkan lima petugas untuk memeriksa bahan makanan yang didistribusikan kepada jemaah haji. Mereka memeriksa sampel seluruh katering di Madinah dan Makkah yang menyuplai makanan tersebut.

Selain memeriksa makanan, kata Fitria, pihaknya juga memastikan distributor dari produsen makan siap saji yang dikirimkan untuk jemaah haji saat berada di Armuzna (Arafah, Mina dan Muzdalifah) nanti melaksanakan tugas mereka sesuai dengan ketentuan.



"Sejauh ini, dari sampling yang kami uji kami tidak menemukan bahan-bahan berbahaya. Memenuhi syarat semuanya. Tidak ditemukan bahan makanan berbahaya dari katering yang didistribusikan ke jemaah haji," papar Fitria.

Fitria menambahkan, jika nanti ditemukan bahan makanan berbahaya di salah satu makanan, BPOM akan menyampaikan ke Kemenag agar dihentikan penggunaannya. "Jadi kami menginformasikan ke Kasi Konsumsi Kemenag," ujarnya.

Selain makanan, BPOM juga memeriksa obat-obatan yang terdapat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) baik yang di kloter maupun sektor untuk memastikannya sudah sesuai dengan ketentuan dan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya yang tidak boleh digunakan pada makanan.

Tim BPOM bertugas di Madinah selama empat hari untuk memeriksa seluruh sampel makanan dari katering yang ada di Madinah. Sebelumnya mereka juga memeriksa katering di Jeddah selama tiga hari.

Selanjutnya, mereka akan kembali meluncur ke Makkah untuk memeriksa sampel di 51 katering penyuplai makanan jemaah di Kota Suci itu. "Harapan kami sampai ke depan di Makkah makanan untuk jamaah kita aman dari bahan-bahan berbahaya," kata Fitria
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)
pixels