Apakah Jemaah Lansia Boleh Tawaf dan Sai Pakai Skuter Listrik?

Selasa, 04 Juni 2024 - 10:22 WIB
loading...
Apakah Jemaah Lansia...
Pemerintah Arab Saudi menyiapkan skuter listrik untuk jemaah haji lansia. Foto: Andryanto Wisnuwidodo
A A A
MAKKAH - Apakah jemaah lanjut usia atau lansia boleh saat Tawaf dan Sai pakai skuter listrik? Pertanyaan ini menjadi perbincangan mengenai sah atau tidak hukumnya jemaah memakai skuter listrik saat tawaf dan sai.

Jumlah jemaah haji Indonesia lanjut usia (lansia) yang menunaikan ibadah haji tahun ini sekitar 45 ribu orang. Nah. Untuk menfasiliasi mereka melaksanakan tawaf dan sai di Masjidilharam , pemerintah Arab Saudi pun menyiapkan skuter listrik.

Tim Bimbingan Ibadah (Bimbad) Daerah Kerja (Daker) Makkah PPIH Arab Saudi, KH Moqsith Ghazali menjelaskan, Nabi Muhammad SAW dulu juga pernah tawaf menggunakan unta.

"Nabi dulu kan pernah tawaf dengan menggunakan unta. Saya kira itu menjadi dasar bagi jemaah lansia untuk tidak memaksakan diri tawaf dengan jalan kaki atau sai dengan jalan kaki," ujar Kiai Moqsith saat ditemui usai mengisi kegiatan Visitasi dan Edukasi di Masjid Wanita Hotel Al Kiswah, Makkah, Senin (3/6/2024).



Menurut dia, Pemerintah Arab Saudi sudah memberikan layanan yang terbaik bagi jemaah lansia. Menurut dia, jemaah lansia bisa memanfaatkan fasilitas skuter listrik itu, karena yang penting adalah tawafnya.

"Karena yang terpenting kan muternya, tawafnya dilaksanakan," ucap jebolan Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo ini.

Dia menambahkan, Nabi Muhammad SAW juga telah mencontohkan bahwa tawaf menggunakan kendaraan juga bisa dilakukan.

"Untungnya Nabi pernah menyontohkan menggunakan unta. Unta itu kurang lebih sekarang sama dengan skuter listrik," kata Kiai Moqsith.

Dengan demikian, maka hukum tawaf dan sai dengan berkendara adalah boleh. Namun, bagi jemaah haji yang masih sehat dan bugar, sebaiknya tetap memprioritaskan tawaf dan sai dengan berjalan kaki, agar tidak terkesan menggampangkan proses ibadah tersebut.

Cuaca di Makkah sendiri saat ini sudah lebih dari 40° celsius. Dengan cuaca ekstrem di Makkah, Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah, Nurul Jamal sebelumnya juga telah menganjurkan kepada jamaah Indonesia agar tidak memaksakan diri ketika melaksanakan ibadah di Masjidil Haram. "Dianjurkan gunakan skuter," ujar Jamal.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)