Cuaca di Tanah Suci Mencapai 45-48 Derajat Celcius: Awan Petir Akan Terjadi di Dataran Tinggi Kota Taif

Kamis, 06 Juni 2024 - 16:02 WIB
loading...
Cuaca di Tanah Suci...
Cuaca di Tanah Suci akan sangat panas pada musim haji tahun ini. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
MAKKAH - Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengumumkan bahwa cuaca pada musim haji tahun ini akan sangat panas dibanding tahun lalu. Di tempat-tempat suci diperkirakan akan sangat panas. Angin permukaan kencang pada siang hari, yang kadang-kadang dapat menyebabkan badai debu dan pasir, terutama di area terbuka dan di jalan raya.

Ayman bin Salem Ghulam, CEO NCM, mengatakan pada konferensi pers di Makkah bahwa suhu maksimum di tempat suci diperkirakan mencapai antara 45 C hingga 48 C pada sore hari.

Ghulam mengatakan kemungkinan turunnya hujan kecil namun awan petir bisa terbentuk di dataran tinggi kota Taif, dan ada kemungkinan dampaknya bisa meluas ke tempat-tempat suci. Potensi tingkat kelembapan juga bisa mencapai lebih dari 60 persen.



Ghulam menunjukkan bahwa pusat tersebut memiliki rencana eksekutif untuk memantau cuaca sepanjang waktu di tempat-tempat suci, Madinah, bandara, pelabuhan, dan jalan utama.

Ia menambahkan, untuk persiapan musim haji tahun ini, pihaknya telah menyelenggarakan rapat koordinasi, workshop, dan pelatihan. Pertemuan terakhir ini bertajuk “Dampak Iklim Haji Tahun Ini,” dengan lebih dari 44 pihak terkait berpartisipasi untuk membahas masalah ini.

Pusat tersebut juga telah melakukan latihan untuk meningkatkan kesiapan, meninjau fenomena cuaca buruk, menguji mekanisme pelaporan, dan memastikan bahwa informasi sampai ke pihak-pihak terkait selama musim haji tahun ini.

Mereka juga telah mengerahkan radar bergerak untuk memantau langit di atas tempat-tempat suci dan Masjidil Haram, serta stasiun bergerak untuk memantau lapisan atmosfer bagian atas dan menyediakan citra satelit untuk potensi fenomena cuaca.

Ghulam mengatakan NCM telah mendirikan pusat produksi media di Mina untuk memberikan layanan kepada jamaah haji, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Pusat ini akan menyiarkan buletin dan pesan cuaca harian di 12 saluran media untuk memastikan keselamatan para peziarah di dalam tempat suci.



Ghulam menambahkan bahwa lokasi seperti Pusat Perubahan Iklim Regional, Pusat Regional Peringatan Badai Pasir dan Debu, dan Program Penyemaian Awan Regional akan dilibatkan dalam memberikan informasi yang relevan.

Abdulaziz Al-Harbi, pengawas umum urusan haji, mengatakan bahwa haji tahun ini akan menyaksikan peningkatan suhu permukaan di atas normal di Makkah dan Madinah. Dia memperkirakan curah hujan di atas rata-rata di tempat-tempat suci.

Asmaa Oulid, seorang peziarah Maroko, mengatakan kepada Arab News: “Pengawas perusahaan haji telah memberi tahu kami bahwa cuaca tahun ini akan sangat panas. Mereka telah memberi kita semua pedoman yang diperlukan, menekankan pentingnya minum banyak cairan, menggunakan payung, dan menghindari paparan langsung terhadap sinar matahari, terutama karena suhu bisa melebihi 45 C. Ini berarti sangat penting untuk mengikuti instruksi dan pedoman. ”

Dia menambahkan: “Saya memahami bahwa ibadah haji akan melelahkan, tetapi pahalanya sepadan dengan usaha dan kelelahan. Saya berharap pengalaman ini dapat memberikan kenyamanan bagi para lansia dan para jamaah akan diberkati dengan kesehatan yang baik dan kembali dengan selamat ke keluarga mereka.”



Nasser Bukhari, seorang jamaah haji Saudi, mengatakan kepada Arab News: “Meskipun diperkirakan terjadi kenaikan suhu tahun ini, telah ada persiapan komprehensif dari semua sektor di Arab Saudi untuk berupaya mengurangi suhu ini dengan mengerahkan perangkat kabut di semua lokasi dan membuka jalan bahan berwarna sejuk.

“Selain itu, kamp-kamp unik yang dilengkapi dengan standar tertinggi telah disiapkan tahun ini.”
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)