Aktivitas Pasar Hewan Terbesar di Arab Saudi Kian Ramai Menjelang Iduladha 2024

Sabtu, 08 Juni 2024 - 13:48 WIB
loading...
Aktivitas Pasar Hewan...
Aktivitas pasar hewan kurban di Arab Saudi makin ramai menjelang Hari Raya Iduladha 2024. Penjual hewan kurban menambah stok hewan kurban untuk memenuhi permintaan pasar. Foto: SINDOnews/Andryanto Wisnuwidodo
A A A
JEDDAH - Aktivitas pasar hewan kurban di Arab Saudi makin ramai menjelang Hari Raya Iduladha 2024. Penjual hewan kurban menambah stok hewan kurban untuk memenuhi permintaan pasar.

Mereka menjual hewan kurban dengan fleksibel. Artinya, jika ada pembeli yang ingin menukar hewan kurbannya sebelum hari raya diperbolehkan.



Aktivitas pasar hewan terbesar di Arab Saudi terletak di Jalan Al Khumrah Jeddah menjadi tujuan pembeli yang ingin membeli hewan kurban. Hewan kurban yang diperjualbelikan mulai dari kambing, domba, sapi, hingga unta.

Pasar hewan yang ada sejak 30 tahun lalu itu menjadi favorit pengurban. Kementerian Kesehatan Arab Saudi selalu memeriksa hewan kurban untuk menjamin kelayakan sesuai syarat hewan kurban.

"Kami punya dokter di tempat potong kurban kami. Jika pelanggan menemukan masalah, kami siap bertanggung jawab dan kami memiliki sertifikat dari pihak berwenang, hewan kami pastikan sehat. Jika merasa kecewa dengan ketidaksesuaian hewan yang dipesan maka pelanggan dapat menukar kambing yang dia inginkan secara gratis. Pengecekan dokter hewan bagian dari fasilitas, tidak ada biaya," ujar Abdul Ali, penjual hewan kurban.

Pembeli mempercayakan hewan kurban di Pasar Khumrah sejak lama. Pembeli akan memesan hewan kurban kemudian datang untuk memilih sebelum membayar. Untuk pemotongan dan pendistribusian daging kurban dipercayakan kepada penjual sesuai permintaan pembeli.

"Orang Makkah, Barmawi, Jizan, dan orang Bengali sering membeli di sini. Kualitas hewannya terjamin. Anda tidak akan menemukan pasar selengkap di sini. Harga di sini jika saya membeli lebih dari satu dan menjadi pelanggan tetap akan mendapatkan potongan harga," kata Syech Aiman.

Harga hewan kurban di Arab Saudi relatif lebih murah jika dibandingkan di Indonesia. Harga kambing dan domba sekitar 600 sampai 700 riyal. Sapi dihargai 3.000-4.000 riyal.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)