Hari Ini Jemaah Haji Nafar Awal Kembali ke Hotel di Makkah, Ini Pesan PPIH

Selasa, 18 Juni 2024 - 02:02 WIB
loading...
Hari Ini Jemaah Haji Nafar Awal Kembali ke Hotel di Makkah, Ini Pesan PPIH
Jemaah haji 2024. Foto/Andryanto Wisnuwidodo
A A A
MAKKAH - Jemaah haji Indonesia yang mengambil Nafar Awal akan mengakhiri fase menginap (mabit) di Mina pada 18 Juni 2024. Mereka akan kembali ke hotelnya masing-masing di Makkah .

Ada dua pilihan bagi jemaah saat mabit di Mina, yaitu Nafar Awal dan Nafar Tsani. Jemaah yang mengambil pilihan Nafar Awal harus keluar dari Mina pada 12 Zulhijah sebelum terbenamnya matahari. Mereka melontar Jumrah pada 10 Zulhijah (Aqabah), lalu 11-12 Zulhijah (Ula, Wustha, dan Aqabah).

Sedang untuk Nafar Tsani akan mabit dan keluar dari Mina pada 13 Zulhijah. Mereka akan lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah terlebih dahulu sebelum meninggalkan Mina.



"Kami siapkan bus untuk mengantar jemaah dari tenda di Mina menuju hotel di Makkah," ujar Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid di Makkah, Senin (17/6/2024).

Menurut Subhan, proses pergerakan dari Mina ke hotel, bisa jadi akan sedikit lambat karena persoalan kemacetan. "Maklum, mulai besok jemaah haji dari berbagai negara yang mengambil Nafar Awal," katanya.

Dia menambahkah, polisi lalu lintas Kota Makkah juga akan memberlakukan buka tutup jalan untuk menghindari kemacetan yang lebih parah lagi.

Subhan menambahkan, kemacetan juga diperkirakan terjadi di ruas-ruas jalan sekitar hotel jemaah, karena banyaknya bus dan kendaraan lain yang melintas. Karena itu, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) berharap jemaah bersabar jika ketibaan di hotel terjadi pelambatan.



"Biasanya, karena kemacetan jalan, ada beberapa bus yang tidak bisa langsung sampai ke halaman hotel. Tapi kita berharap semoga besok semua berjalan lancar," tandasnya.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)
pixels